ADVERTISEMENT

Kantor di Tana Tidung Terbakar, KPU Tegaskan Tahapan Pemilu Tetap Jalan

Karin Nur Secha - detikNews
Kamis, 11 Agu 2022 18:38 WIB
Komisioner KPU Idham Holik
Ketua Divisi Bidang Teknis KPU Idham Holik (Foto: Anggi/detikcom)
Jakarta -

Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Tana Tidung, Kalimantan Utara, hangus terbakar. Meski begitu, Ketua Divisi Bidang Teknis KPU Idham Holik menegaskan tahapan pemilu harus tetap berjalan.

"Pada prinsipnya tahapan pemilu harus tetap berjalan tidak boleh ada gangguan," ujar Idham dalam jumpa pers, Kamis (11/8/2022).

Idham mengatakan KPU RI telah meminta kepada KPU Kalimantan Utara agar berkoordinasi dengan KPU Tana Tidung untuk segera melaporkan secara resmi kejadian tersebut. Nantinya, KPU RI akan melakukan kajian.

"Pada kesempatan ini juga kami sampaikan bahwa kantor KPU Tana Tidung memiliki dua gedung. Jadi gedung yang ditempati komisioner itu tetap dapat digunakan dan itu akan dimaksimalkan untuk melaksanakan tahapan verifikasi dalam pendaftaran partai politik," jelas Idham.

Hingga saat ini, belum diketahui total kerugian atas peristiwa tersebut. Namun, saat ini pihak KPU Tana Tidung telah berkoordinasi dengan kepolisian untuk dilakukan pengecekan.


KPU Tana Tidung Kebakaran

Diberitakan sebelumnya, Kantor KPU Kabupaten Tana Tidung, Kalimantan Utara, sempat terbakar. Kebakaran itu diduga karena korsleting listrik.

"Informasi dari teman-teman di lapangan kebakaran tepat pukul 19.01 Wita. Penyebab kebakaran kantor KPU Tana Tidung belum diketahui apa penyebab terjadinya kebakaran tersebut. Informasi di lapangan, diduga akibat korsleting arus listrik," kata Idham.

Idham menerangkan saat ini api sudah berhasil dipadamkan. Tak ada korban jiwa dalam peristiwa kebakaran ini.

Idham menerangkan kebakaran itu terjadi pada pukul 19.01 Wita. Idham menyebut titik api berasal di ruangan keuangan lalu merembet ke ruangan umum, data, gudang logistik, media center, hingga dapur dan toilet.

"Ruangan yang letaknya di atas atau ruangan keuangan yang terbakar, kemudian dengan kondisi angin yang kencang sehingga merembet ke bangunan atau ruangan di sebelahnya, yang terbakar habis meliputi ruangan keuangan, ruangan umum, ruangan data dan tekmas, gudang logistik, media center, dapur dan toilet dan yang tidak terbakar ruangan hukum, ruangan ketua dan komisioner," katanya.

"Ruangan keuangan semua yang di dalamnya habis terbakar," sambungnya.

(ain/isa)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT