ADVERTISEMENT

Bocoran 3 Capres PAN: Zulhas, Erick Thohir dan Anies Baswedan

Rolando Fransiscus Sihombing - detikNews
Kamis, 11 Agu 2022 14:05 WIB
Ketua Umum PAN, Zulkifli Hasan menyampaikan pidato kebudayaan saat acara Zulhas Award. Dia berpidato di depan 3 kandidat potensial capres 2024.
Anies Baswedan, Zulkifli Hasan, dan Erick Thohir. (Agung Pambudhy/detikcom)
Jakarta -

Politikus PAN, Rizki Aljupri, mengatakan partainya bakal menggelar rapat kerja nasional (rakernas) untuk mengusulkan nama-nama calon presiden pada Pilpres 2024. Menurutnya, nama-nama tersebut merupakan hasil dari aspirasi setiap pengurus daerah.

Rizki menyebut DPP PAN sedang menjaring aspirasi dari tingkat DPD kabupaten/kota yang sudah diminta mengusulkan nama capres-cawapres. Enam nama tertinggi akan diusulkan di Rakernas PAN pada 27 Agustus. Menurutnya, nama yang paling pasti diusulkan adalah Menteri Perdagangan yang juga Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan.

"Dan mungkin yang agak berbeda tidak akan ada diskresi khusus apa misalnya hak prerogatif ketua umum untuk mengusulkan satu nama khusus itu gak ada. Jadi benar-benar rekapitulasi itu apa adanya. Nanti, enam nama tertinggi lah yang akan kami umumkan di rakernas," kata Rizki dalam diskusi Adu Perspektif yang digelar detikcom dan Total Politik yang dikutip pada Kamis (11/8/2022).

Selain Zulkifli Hasan, Rizki mengatakan nama-nama lain yang juga banyak diusulkan adalah Menteri BUMN Erick Thohir dan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Rizki mengatakan Ketua Umum Zulkifli Hasan akan mengumumkan secara langsung seluruh nama yang direkomendasikan pada Rakernas PAN.

"Kalau saya semoga nggak kena sentil ya setelah ini ya, karena kan beliau yang akan mengumumkan secara resmi di tanggal 27 Agustus. Tapi sejauh ini, karena saya jadi tim yang merekapitulasi usulan-usulan dari daerah, ada 514 kabupaten/kota se-Indonesia," kata dia.

"Nama-nama yang mencuat pasti ketua umum Pak Zulkifli Hasan, lalu nama yang mencuat lagi ada Pak Erick Tohir Menteri BUMN, lalu ada juga nama Pak Anies Baswedan. Nah itu ada 3 lah, nanti kalau saya umumkan semuanya nanti saya kena sentil. itu nama-nama yang beredar, aspirasi dari bawah," ujar Rizki.

Simak juga 'Teka-teki Partai yang Hadir di Acara KIB, PSI Merapat?':

[Gambas:Video 20detik]



(rfs/gbr)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT