Adu Kuat Calon Penerima 1 Tiket Capres Utuh dari PDIP

ADVERTISEMENT

Adu Kuat Calon Penerima 1 Tiket Capres Utuh dari PDIP

Tim detikcom - detikNews
Kamis, 11 Agu 2022 08:54 WIB
Puan Maharani dan Ganjar Pranowo
Foto: Puan Maharani dan Ganjar Pranowo

"Dua pengalaman politik semacam ini membuat publik kebingungan menebak kira-kira siapa yang nantinya bakal diusung PDIP," katanya.

Adi menilai PDIP membiarkan Ganjar dan Puan terus melakukan kerja politik hingga menjelang akhir pendaftaran ke KPU. Menurut Adi, sampai saat ini belum terlihat kesimpulan ada sosok yang sudah mengunci tiket pencapresan PDIP.

"Inilah dinamika internal PDIP yang sangat rumit dibaca ending-nya. Sepertinya PDIP membiarkan Ganjar dan Puan untuk terus melakukan kerja politik sampai jelang akhir pendaftaran ke KPU. Setidaknya sampai saat ini jangan ada kesimpulan bahwa ada sosok yang sudah mengunci tiket pencapresan PDIP. Semua masih serba mungkin," kata Adi.

"The end of the day-nya, PDIP pastinya realistis bakal usung capres yang potensial menang. Tentu dengan melihat dinamika politik yang berkembang di kemudian hari," lanjutnya.

Adi menilai PDIP punya daya magnet untuk menarik partai lain berkoalisi. Kuncinya, kata dia, soliditas dan kekompakan politik Jokowi dan Megawati.

"PDIP punya segala-galanya untuk menarik partai lain berkoalisi. Kuncinya soliditas dan kekompakan politik Jokowi dan Megawati. Jika kedua tokoh bersatu dan maksimal, siapa pun capres yang diusung PDIP pastinya bisa menarik minat partai lain," kata Adi.


(rfs/lir)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT