ADVERTISEMENT

Menerka Partai yang Bakal Gabung Ikut Pertemuan KIB di Surabaya, PSI?

Isal Mawardi - detikNews
Kamis, 11 Agu 2022 07:12 WIB
Jakarta -

Koalisi Indonesia Bersatu (KIB), yang terdiri dari Golkar, PPP, dan PAN, memberi sinyal adanya partai lain yang bakal ikut bergabung dalam pertemuan KIB di Surabaya, Jawa Timur, pada 14 Agustus nanti. Partai apa yang dimaksud?

Direktur Eksekutif Parameter Politik Indonesia Adi Prayitno memberikan tanggapannya. Adi menduga partai yang bergabung itu partai non parlemen.

"Sejak lama memang sudah muncul rumor bakal ada partai lain yang bakal bergabung KIB. Sepertinya partai non parlemen yang sangat mungkin bergabung," ujar Adi kepada wartawan, Rabu (10/8/2022).

Adi menduga partai yang bakal gabung dengan pertemuan KIB adalah partai yang berbarengan dengan KIB saat mendaftar di KPU pada kemarin (10/8). Tidak lain tidak bukan adalah Partai Solidaritas Indonesia (PSI).

"Kalau melihat kode alam, sepertinya partai non parlemen yang hari berbarengan dengan KIB daftar ke KPU itu yang bakal bergabung," tutur Adi.

"Ya (PSI), belakangan mulai muncul isu PSI dikaitkan dengan KIB," lanjutnya.

Diberitakan sebelumnya, Ketum PPP Suharso Monoarfa memberi sinyal partai lain akan menghadiri pertemuan KIB pada 14 Agustus di Surabaya. Suharoso belum membocorkan apa nama partai lain yang bakal hadir tanggal 14 Agustus.

"Ada, kemungkinan partai yang datang ada yang hadir nanti kita lihat pada tanggal 14, tanggal 14 kita lihat di Surabaya," imbuh Suharso.

(isa/aud)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT