ADVERTISEMENT

Golkar Ungkap Alasan KIB Daftar Pemilu 2024 ke KPU di Rabu Pon

Wilda Hayatun Nufus - detikNews
Rabu, 10 Agu 2022 14:51 WIB
Golkar, PAN, dan PPP sudah mendaftar sebagai peserta Pemilu 2024 di KPU. Usai pendaftaran, ketiga Ketum Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) itu saling bergandengan.
Ketum PPP Suharso Monoarfa, Ketum Golkar Airlangga Hartarto, dan Ketum PAN Zulkifli Hasan (Foto: A.Prasetia/detikcom)
Jakarta -

Tiga pucuk pimpinan partai Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) yakni Golkar, PAN dan PPP mendaftar ke KPU tepat di Rabu Pon. Apa alasannya?

Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto mengungkap partai yang tergabung dalam KIB memang sengaja memilih hari Rabu ini untuk mendaftar ke KPU. Alasannya, kata Airlangga, karena pemilu yang akan digelar pada 14 Februari 2024 jatuh pada hari Rabu.

"Nah tentu hari ini kami bertiga sengaja mendaftar bersama tanggalnya tanggal 10 harinya hari Rabu karena setiap pemilu jatuhnya hari Rabu dan kedua hari ini kalau weton nya silakan cari sendiri," kata Airlangga di KPU, Jalan Imam Bonjol, Jakarta Pusat, Rabu (10/8/2022).

Mengenai weton atau penanggalan versi Jawa, Airlangga mempersilakan awak media untuk mencari sendiri. Namun berdasarkan tanggalan Jawa, 10 Agustus hari ini adalah Rabu Pon.

Pendaftaran secara bersama-sama ini, kata Airlangga, menjadi langkah awal yang baik. Karena di KIB, katanya, sangat mengutamakan kebersamaan.

"Nah harinya kan tanggal 10, hari pemilu nanti jatuhnya hari Rabu, tanggal 14 Februari, jadi kita mulai dengan hal-hal yang baik dan sama, tadi kita mulai dengan rangkaian acara yang dari PAN, PPP dan Golkar, karena yang diutamakan bagi kami adalah kebersamaan," ujarnya.

Diketahui, tiga pucuk pimpinan partai Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) tiba di KPU, Jakarta Pusat. Kedatangan mereka guna mendaftarkan partai KIB, yakni Golkar, PAN dan PPP, sebagai peserta Pemilu 2024.

Pantauan detikcom di lokasi, terlihat tiga ketum yang hadir mendaftarkan partainya yakni Ketum Golkar Airlangga Hartarto, Ketum PAN Zulkifli Hasan (Zulhas) dan Ketum PPP Suharso Monoarfa. Rombongan tiba di kantor KPU pada pukul 10.18 WIB.

Para ketum partai dan kader nampak mengenakan seragam partai masing-masing. Ketiga ketum partai KIB itu pun tampak melakukan salam jempol bersama-sama.

Iring-iringan marching band dan reog Ponorogo dan marawis turut memeriahkan kedatangan Airlangga, Zulhas dan Suharso ke KPU. Nampak juga beberapa elite partai masing-masing mendampingi pendaftaran ke KPU.

Lihat Video: Momen Giring Ganesha Pimpin PSI Daftar Peserta Pemilu ke KPU

[Gambas:Video 20detik]



(whn/yld)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT