ADVERTISEMENT

Ganjarist Pede Ganjar Pranowo Dicalonkan PDIP di 2024

Firda Cynthia Anggrainy - detikNews
Rabu, 10 Agu 2022 12:28 WIB
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo saat orasi di penutupan PPSMB UGM 2022, Sabtu (6/8/2022).
Foto: Ganjar Pranowo (dok. istimewa).
Jakarta -

PDI Perjuangan (PDIP) mengungkapkan nama-nama kader terbaik yang dianggap layak maju capres 2024, salah satunya Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. Relawan Ganjarist tak heran nama Ganjar masuk bursa capres PDIP.

"Pak Ganjar itu kader PDIP yang dalam survei-survei selalu masuk dalam dua besar teratas. Jadi wajar saja jika beliau menjadi kandidat capres dari partainya," kata Ketua Ganjarist Eko Kuntadhi saat dihubungi, Rabu (10/8/2022).

Eko menilai justru aneh jika PDIP tak memasukkan nama Ganjar ke bursa. Terlebih, nama Ganjar masuk dalam bursa bakal capres di partai lain yakni NasDem.

"Justru akan aneh jika bursa capres di PDIP tidak memasukkan nama Pak Ganjar," kata Eko.

"Kan, bukan hanya PDIP yang memasukkan nama Pak Ganjar. Partai-partai lain juga menjejerkan namanya sebagai capres. NasDem, misalnya," imbuhnya.

Menurutnya, nama Ganjar yang belakangan digadang-gadang maju capres itu tak lepas dari pertimbangan melihat hasil survei. Di samping itu, lanjutnya, juga mempertimbangkan kualitas kinerja dan rekam jejak Ganjar.

"Kenapa, karena partai juga kan rasional. Mereka melihat hasil survei sebagai salah satu pertimbangan. Tentu juga dengan mempertimbangkan kualitas, rekam jejak dan kinerjanya," kata Eko.

Eko menilai kans Ganjar diusung sebagai capres sangat besar di antara nama lainnya yang ada di bursa. "Soal kans dicalonkan oleh PDIP saya yakin sangat besar. Kan partai juga ingin kader terbaiknya yang punya peluang menang lebih besar yang dicalonkan. Masa partai mendorong kader yang peluang kalahnya lebih besar. Ini justru aneh," ujar dia.

Eko lantas meyakini majunya Ganjar di kontestasi pilpres nanti akan berimbas pada elektabilitas partai di pileg. Menurutnya, PDIP mempertimbangkan kemenangan di Pilpres harus membawa kemenangan pula pada perolehan kursi legislatif.

"Karena pilpres bareng sama pileg, maka capres partai juga akan berimbas elektabilitas partai. Jadi ini bukan soal capres saja. Tapi juga mempertimbangkan efeknya kepada suara partai," kata Eko.

"Bagi partai kemenangan pemilu ini bukan hanya soal capres. Tapi juga soal kursi legislatif," ujarnya.

Sebelumnya, PDIP mulai menggaungkan nama-nama kader terbaik yang dianggap berpotensi besar maju capres di 2024. Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto mengatakan ada 4 nama yang dianggap layak berlaga di Pilpres 2024, termasuk Ganjar.

"Jadi kalau kita lihat di PDI Perjuangan ini kan banyak tokoh-tokoh yang berkaliber di tingkat nasional, ya. Tadi disebutkan misalnya Mbak Puan sebagai Ketua DPR RI, kemudian ada Bu Risma, ada kemudian Pak Ganjar, ada Pak Anas. Bahkan Pak Anas ini sebagai kepala LKPP membuat banyak terobosan yang membanggakan PDI perjuangan dalam kepemimpinan Pak Anas, misalnya," kata Hasto kepada wartawan, Minggu (7/8).

Lihat juga video 'Pak Jokowi Endorse Siapa, Prabowo Atau Ganjar?':

[Gambas:Video 20detik]



(fca/gbr)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT