ADVERTISEMENT

Jokowi Endorse Ganjar-Erick?

Firda Cynthia Anggrainy - detikNews
Minggu, 07 Agu 2022 14:12 WIB
Presiden Jokowi jalan-jalan di CFD Solo ditemani Ganjar dan Jan Ethes, Minggu (7/8/2022).
Presiden Jokowi saat jalan bareng Gubernur Jateng Ganjar Pranowo dan Menteri BUMN Erick Thohir di CFD Solo, Minggu (7/8/2022). (Foto: Bayu Ardi Isnanto/detikJateng)
Jakarta -

Presiden Joko Widodo jalan-jalan di car free day (CFD) Solo bareng Gubernur Jawa Tengah dan Menteri BUMN Erick Thohir. Gerak-gerik Jokowi jelang 2024 sering dikait-kaitkan dengan sinyal endorse atau dukungan. Apakah Jokowi sedang mengendorse Ganjar-Erick?

Direktur Eksekutif Parameter Politik Indonesia Adi Prayitno menyebut kedekatan Jokowi dengan Ganjar tak terlepas dari dukungan maju nyapres saat di acara Rakernas Pro-Jokowi (Projo), Mei lalu. "Semua orang tahu kedua tokoh ini cukup dekat. Meski dibantah, Jokowi sempat dikaitkan dengan dukungannya ke Ganjar saat acara Projo beberapa waktu lalu," kata Adi saat dihubungi, Minggu (7/8/2022).

Namun, Adi melihat tak hanya Ganjar yang terlihat ada di 'ring' Jokowi. Dia menyebut figur lain yakni Menhan Prabowo Subianto, Menteri BUMN Erick Thohir, Menko Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto, dan Menparekraf Sandiaga Uno.

"Problemnya, bukan hanya Ganjar yang selalu dikaitkan dengan Jokowi, belakangan ini begitu banyak figur sekitar Jokowi yang dikaitkan dengan 2024 terlihat ingin kelihatan sebagai 'orangnya Jokowi'. Ada Prabowo, Erick, Airlangga, dan Sandi," kata dia.

Adi menilai kode kedekatan Jokowi dengan jajaran menterinya merupakan hal lumrah. Meskipun demikian, Adi melihat publik yakin Jokowi tak akan berbeda pilihan dengan jagoan yang akan diusung oleh PDI Perjuangan (PDIP). Menurut Adi, figur-figur di luar PDIP tak banyak berharap.

"Kode kedekatan Jokowi dengan beberapa figur potensial maju 2024 perkara lumrah. Karena mereka itu all Jokowi's man, kecuali Anies dan AHY. Terlepas apa pun itu, meski Jokowi selalu dikaitkan kedekatannya banyak figur, publik yakin Jokowi tak akan beda pilihan dengan jagoan yang akan diusung PDIP," ujar dia.

"Yang lain di luar PDIP jangan banyak berharap. Apa pun judulnya, Jokowi itu kader PDIP tulen yang tak mungkin lupa sejarah," katanya.

Adi kemudian bicara soal tingkat elektabilitas hasil lembaga survei soal duet Ganjar dan Erick jika maju Pilpres 2024. Namun dia melihat elektabilitas duet keduanya belum terlampau kuat.

"Di beberapa sumulasi lembaga survei banyak yang memasangkan Ganjar dengan Erick. Tapi tak terlampau kuat. Mungkin ini efek elektabilitas Erick yang tak signifikan. Beda ceritanya jika Ganjar dipasangkan dengan Sandi atau RK, posisinya kuat siapa pun lawannya," lanjutnya.

Simak selengkapnya di halaman berikut.

Saksikan Video 'Momen Jokowi Jalan-jalan di CFD Solo Bareng Jan Ethes, Ada Ganjar-Erick':

[Gambas:Video 20detik]



ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT