ADVERTISEMENT

Menerka Maksud di Balik Puja Puji Prabowo ke Jokowi

Kadek Melda Luxiana - detikNews
Sabtu, 06 Agu 2022 08:01 WIB
Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto menghadiri upacara peringatan Hari Bhakti Taruna di TMP Taruna, Tangerang, Rabu (26/1/2022).
Foto: Prabowo (Andhika Prasetia/detikcom)
Jakarta -

Menteri Pertahanan Prabowo Subianto memuji kerja keras Presiden Joko Widodo (Jokowi) sebagai pemimpin. Pujian Prabowo itu dinilai sebagai bentuk keinginan Ketua Umum Partai Gerindra itu unjuk diri sebagai 'orang Jokowi'.

"Mungkin banyak alasan. Tapi yang paling menonjol Prabowo sepertinya ingin teridentifikasi sebagai 'orangnya Jokowi'," kata Direktur Eksekutif Parameter Politik Indonesia Adi Prayitno saat dihubungi, Jumat (5/8/2022).

Adi menuturkan banyak figur-figur yang ingin maju Pilpres 2024 berebut dukungan Jokowi. Para figur itu disebut berharap agar pendukung Jokowi beralih ke mereka.

"Saat ini, banyak figur yang dikaitkan dengan Pilpres 2024 berebut pengaruh Jokowi. Pertama, tentu butuh dukungan Jokowi karena Jokowi adalah king maker. Kedua, berharap basis pemilih Jokowi bisa hijrah mendukung Prabowo. Dalam temuan survei Parameter Politik makin tampak basis pemilih Jokowi sebagian mulai dukung Prabowo," tuturnya.

Selain itu, pujian itu juga dinilai untuk menunjukkan bahwa Prabowo merupakan menteri yang loyal terhadap Jokowi. Prabowo disebut seolah meyakinkan bahwa legacy Jokowi akan dilanjutkan jika dia kelak terpilih.

"Di samping itu tentu Prabowo ingin tunjukkan ke publik sebagai menteri yang paling loyal dan punya kekaguman tinggi terhadap Jokowi. Ini semacam jaminan bahwa pasca 2024, andai Prabowo maju dan menang pilpres, semua legacy Jokowi akan dilanjutkan secara total," imbuhnya.

Simak selengkapnya di halaman selanjutnya.

Simak Video: Prabowo Mau Punya Kabinet Seperti Jokowi Jika Jadi Presiden

[Gambas:Video 20detik]






ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT