ADVERTISEMENT

Momen-momen Kebersamaan Jokowi-Prabowo yang Kian Mesra

Tim detikcom - detikNews
Rabu, 03 Agu 2022 10:32 WIB
Prabowo dan Jokowi saling memberikan salam mengatupkan tangan lalu membungkukan dada. Jokowi dan Prabowo juga terlihat saling memberikan hormat, Istana Kepresidenan Yogyakarta, Senin (2/5/2022).
Foto: Presiden Jokowi dan Menhan Prabowo (Lukas - Biro Pers Sekretariat Presiden).
Jakarta -

Kebersamaan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto kembali tertangkap kamera. Tak hanya sekali keduanya tampak mesra dalam suatu acara. Tafsir atas kemesraan kedua tokoh tersebut bermunculan.

Kemesraan Jokowi dan Prabowo Subianto yang terbaru terlihat saat acara Zikir dan Doa Kebangsaan 77 Tahun Indonesia Merdeka. Zikir dan Doa Kebangsaan 77 Tahun Indonesia Merdeka dipimpin Presiden Jokowi di halaman depan Istana Merdeka, Senin (1/8).

Acara tersebut adalah rangkaian kegiatan menyambut hari ulang tahun ke-77 Republik Indonesia yang bertemakan 'Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat'. Jokowi menyampaikan rasa syukur dapat memperingati 77 tahun Indonesia merdeka di tengah kondisi dunia yang masih tidak baik-baik saja karena pandemi COVID-19.

"Inilah yang sekarang ini menyebabkan 333 juta orang kelaparan dan mungkin 6 bulan lagi bisa 800 juta orang akan kelaparan dan kekurangan makan akut karena tidak ada yang dimakan," ujar Jokowi.

Saat berkunjung ke Ukraina, Jokowi mengatakan banyak stok gandum yang tertahan akibat perang. Jumlahnya mencapai puluhan juta ton.

"Saya saat itu ke Ukraina ketemu Presiden Zelensky. Dia cerita kepada saya ada stok di Ukraina, stok di gudang 22 juta ton, stok dalam proses panen 55 juta ton. Artinya, 77 juta gandum diam di Ukraina nggak bisa keluar karena perang," ujar Jokowi.

Presiden Jokowi dan Menhan Prabowo (Biro Pers Setpres).Presiden Jokowi dan Menhan Prabowo (Foto: dok. Biro Pers Setpres)

Dalam foto-foto yang dibagikan tim media Prabowo Subianto, tampak Ketua Umum Partai Gerindra itu mengobrol akrab dengan Presiden Jokowi. Terlihat juga Wapres Ma'ruf Amin dan sejumlah ulama dalam foto tersebut.

Momen ini menambah panjang daftar keakraban Jokowi dan Prabowo. Sebelum acara zikir kebangsaan, Jokowi dan Prabowo akrab di momen Idul Adha, Minggu (10/7). Di Istiqlal, Jokowi mengisi saf terdepan. Iriana Jokowi pun mengisi saf perempuan paling depan.

Jokowi diapit oleh Prabowo Subianto dan Imam Besar Masjid Istiqlal Nasaruddin Umar. Terlihat juga di lokasi sejumlah jajaran menteri. Mereka berada sejajar di saf terdepan.

Setelah menunaikan salat, Jokowi menyempatkan diri melihat sapi kurbannya dan diserahkan ke masjid. Jokowi selesai menunaikan salat Id pukul 07.42 WIB. Setelah itu, Jokowi langsung mengecek sapi kurbannya yang berada di halaman belakang Masjid Istiqlal.

Jokowi didampingi Menhan Prabowo Subianto, Mensesneg Pratikno, dan Imam Besar Masjid Istiqlal Nasaruddin Umar. Jokowi tampak melihat-lihat sapi kurbannya, lalu diserahterimakan kepada Nasaruddin Umar. Secara simbolis, keduanya memegang tali yang mengait ke sapi. Saat memberikan keterangan pers, Jokowi juga didampingi Prabowo.

Saat HUT Bhayangkara pada 5 Juli lalu, Jokowi dan Prabowo juga akrab. Jokowi sempat menyapa Prabowo sebelum upacara peringatan dinyatakan usai. Prabowo, yang juga warga kehormatan Brimob Polri, langsung memberikan salam hormat kepada Jokowi sembari menunggu sang kepala negara menghampirinya.

Jokowi dan Prabowo juga tercatat akrab saat berada di UEA. Prabowo, yang tiba terlebih dahulu, menyambut kedatangan Jokowi di Bandara Internasional Abu Dhabi.

Lihat juga video 'Sekber Bentangkan Spanduk Prabowo-Jokowi di Bundaran HI':

[Gambas:Video 20detik]



Simak selengkapnya, di halaman selanjutnya:

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT