ADVERTISEMENT

Dukung Anies Capres 2024, Surya Tjandra Berharap yang Terbaik buat PSI

Eva Safitri - detikNews
Kamis, 28 Jul 2022 16:23 WIB
Jakarta -

Eks Wakil Menteri ATR/BPN sekaligus kader PSI Surya Tjandra menyatakan diri mendukung Gubernur DKI Anies Baswedan maju menjadi calon presiden (capres) 2024. Dukungan itu menandakan Surya Tjandra berbeda jalan politik dengan PSI, yang kontra-Anies. Lantas apa Surya Tjandra akan mundur dari PSI?

Surya mengatakan PSI menyerahkan kebebasan partai politik kepada kader. Surya memahami akan ada proses diskusi di internal terkait sikapnya yang beda jalan dengan partai.

"Di PSI, ada kebebasan untuk memilih posisi politik, pasti akan ada proses diskusi dan tabayun di internal," kata Surya Tjandra ketika dihubungi, Kamis (28/7/2022).

Dengan sikap PSI yang menyerahkan kebebasan itu, menurut Surya, sah-sah saja jika dirinya mengambil jalan lain.

"Buat PSI, sebagai partai yang menghargai kebebasan berpendapat, berbeda seperti ini hal biasa saja sebenarnya," ujarnya.

Surya Tjandra belum bisa menjelaskan lebih jauh tentang kelanjutan jalan politiknya di PSI karena sudah mendukung Anies. Surya melihat situasi dan perkembangan.

"Seperti saya sampaikan lihat perkembangan, bagaimanapun, saya berharap yang terbaik untuk PSI," ucapnya.

Sebelumnya, Surya Tjandra menyatakan diri mendukung Anies capres 2024. Surya yakin Anies bisa meneruskan program dan kebijakan yang dibuat Presiden Jokowi.

"Harus ada ya pertama, dan kedua, kita kan dalam pilpres, pileg, itu bukan nyari malaikat, bukan nyari manusia dewa atau setengah dewa. Tapi manusia yang ada, dalam konteks itu, siapa pun yang ada harus bisa ngelanjutin, bukan cuma amanat ya," kata Surya seperti dilihat dalam diskusi di Total Politik, Kamis (28/7/2022).

Simak selengkapnya di halaman berikut

Surya Tjandra mengatakan, dari nama-nama yang beredar di bursa Pilpres 2024, dirinya mendukung Anies maju capres. Dia menilai Anies memiliki kemampuan dan kapasitas.

"Jadi interaksi saya yang sekarang dengan yang sekarang namanya muncul dalam konteks pekerjaan, apa yang dia kerjakan, apa yang kira kerjakan klopnya gimana ya untuk daerah untuk isu tertentu," kata Surya.

"Jadi ya dari pilihan-pilihan yang ada memang kalau saya pribadi saya ngerasa Pak Anies, dari beberapa ini memang harus saya akuin Pak Anies yang punya kemampuan punya kapasitas. Dia buktikan, pada saat dia kerja sebagai Gubernur DKI ya paling tidak, dan kalau ini bisa di-scale up, Jakarta-1 bisa jadi Indonesia-1," imbuh Surya Tjandra.

Surya yakin Anies bisa melanjutkan program yang telah dibuat Jokowi, termasuk isu reforma agraria. "Isu reforma agraria ini kan mimpi besar dari pendiri republik kan zaman dulu, dan baru Pak Jokowi yang melanjutkan, membuat regulasi dibikin gugus tugas dan ini harus lanjut, dan rasanya bisa," ucapnya.

Juru bicara PSI Ariyo Bimmo menilai Surya Tjandra sangat mengerti nilai-nilai yang diperjuangkan oleh PSI. Bimmo menyebut PSI tengah menunggu perkembangan sikap Surya Tjandra.

"Bro Surtjan ini adalah sahabat kami, dia salah satu kader yang sangat mengerti nilai-nilai yang diperjuangkan PSI. Kita tunggu saja perkembangan berikutnya," ujar Bimmo saat dihubungi, Kamis (28/7/2022).

Bimmo menyebut saat ini Surya Tjandra masih aktif sebagai kader PSI. Surya Tjandra juga disebut tidak pernah membicarakan sikapnya mendukung Anies ke PSI.

"Masih (aktif). Nggak ada," kata Bimmo.

(eva/gbr)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT