AM Fatwa hingga Fahira Idris Dukung Anies-Sandi di Pilgub DKI

Gibran Maulana Ibrahim - detikNews
Senin, 20 Feb 2017 15:47 WIB
Foto: Gibran Maulana Ibrahim/detikcom
Foto: Gibran Maulana Ibrahim/detikcom
Jakarta - Sejumlah anggota DPD RI menyatakan dukungannya kepada pasangan calon (paslon) Gubernur dan Wakil Gubernur DKI nomor urut 3 Anies Rasyid Baswedan-Sandiaga Salahuddin Uno di Pilgub Jakarta. Ketiga anggota DPD tersebut adalah AM Fatwa, Dailami Firdaus, dan Fahira Idris.

"Saya secara pribadi, pada pilkada putaran kedua nanti, kami bertiga ini pada tahap pertama memang ke paslon nomor urut 1. Tapi, dengan izin rekan kami berdua ini, ke paslon nomor 3," ujar AM Fatwa, yang juga Ketua Badan Kehormatan DPD di kompleks parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (20/2/2017).

Senada dengan Fatwa, senator asal DKI Fahira Idris menyatakan dukungannya untuk Anies-Sandi. Fahira mengatakan dukungannya tak mewakili lembaga DPD dan murni dukungan pribadi.

"Kita bertiga akan mendukung Anies-Sandi. Pilihan pribadi," ujar Fahira di tempat yang sama.

Sebelumnya, ketiga senator itu pada putaran pertama Pilkada DKI menyatakan dukungannya kepada pasangan nomor urut 1 Agus Harimurti Yudhoyono dan Sylviana Murni. Mereka harus ikhlas jagonya itu gugur lebih awal.

Pada Selasa (24/1), Fatwa mendeklarasikan dukungannya di restoran dekat kompleks parlemen. Waktu itu dia mengingat Agus saat masih menjadi tentara berjuang sebagai pasukan PBB di Lebanon.

Sementara itu, Fahira Idris mengaku pernah dikunjungi oleh Agus Yudhoyono di kala sakit. Saat pertemuan itu, dia berkata program yang diusung Agus-Sylvi cocok dengannya.

"Yang membuat pasangan ini menarik karena belum pernah pemimpin DKI ini dipimpin atau diwakili oleh wanita. Sedangkan 50 persen penduduk Jakarta adalah wanita. Saya ingin Jakarta ramah terhadap anak dan nyaman untuk perempuan, " kata Fahira, Rabu (25/1). (gbr/ams)