detikX
logo detikx

Sepakbola merupakan cabang olahraga paling favorit dan digemari di seluruh dunia, termasuk di Indonesia. Tak heran, bila stadion sepakbola selalu berjibun penontonnya. Lebih-lebih yang datang para pendukung fanatis (suporter) yang ingin melihat langsung klub sepakbola kesayangannya berlaga.

Fanatisme penonton sepakbola (suporter) menjadi masalah tersendiri dalam dunia persepakbolaan. Kericuhan dan keributan, bahkan berujung kerusuhan yang menimbulkan korban jiwa kerap terjadi. Pemicunya saling ejek, protes dugaan kecurangan, konflik dengan petugas keamanan hingga soal kapasitas penonton di sebuah stadion yang dianggap tak layak.

Dari data yang dihimpun detikX, selama dua dasawarsa atau dari 2002-2022 tercatat ada 203 korban penonton/suporter sepakbola di Indonesia tewas. Mereka ini menjadi korban dalam kericuhan di dalam maupun di luar stadion.

Berikut ini 10 tragedi yang menonjol
di dunia sepakbola Tanah Air:

Foto: ANTARA - M Risyal Hidayat

Persibo Bojonegoro vs Persebaya Surabaya (2012)

Persibo Bojonegoro dan Persebaya Surabaya berlaga di Piala Indonesia 2012 di Stadion Letjen Soedirman, Bojonegoro, Jawa Timur, pada 10 April 2012. 4 orang Bonek (pendukung Persebaya) tewas dilempari batu saat berada di atas kereta oleh pendukung Persela Lamongan. Korban tersebut adalah Sudarmadji, Miftahul Huda, Abdul Farid, dan Soimul Fadli.

Foto: ANTARA - Andika Wahyu

Persija Jakarta vs Persib Bandung (2012)

Pertandingan Persija Jakarta vs Persib Bandung di Liga Super Indonesia (LSI) 2012 berlangsung di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, pada 27 Mei 2012 dengan kedudukan imbang 2-2. Korban 3 Bobotoh (pendukung Persib) tewas akibat bentrok dengan pendukung Persija (Jakmania). Korban Rangga Cipta Nugraha ditusuk senjata tajam. Sedangkan Lazuardi dan Dani Maulana dikeroyok.

Foto: ANTARA - Akbar Nugroho Gumay

Persis Solo vs Martapura FC (2014)

Liga Indonesia 2014 menghadirkan Persis Solo vs Martapura FC di Stadion Manahan, Surakarta, Jawa Tengah, pada 22 Oktober 2014. Skor imbang 1-1 sampai akhir pertandingan. 1 pendukung Persis Solo (Pasoepati) bernama Joko Riyanto tewas. Korban mengalami luka di bagian dada (diduga akibat tembakan) dalam bentrokan penonton dengan petugas keamanan.

Foto: Detikcom - Rengga Sancaya

Persija Jakarta vs Persela Lamongan (2016)

Laga Persija Jakarta vs Persela Lamongan di Indonesia Soccer Championship (ISC) A 2016 di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, pada 13 Mei 2016. Skor akhir 2-1 untuk kemenangan Persija. 1 suporter Jakmania bernama Muhammad Fahreza tewas dikeroyok dalam kerusuhan penonton dengan polisi.

Foto: Dokumentasi Detikcom

Persita Tangerang vs PSMS Medan (2017)

Persita Tangerang vs PSMS Medan berlaga di Liga 2 Indonesia 2017 di Stadion Mini Cibinong, Bogor, Jawa Barat, 11 Oktober 2017 dengan hasil akhir 1-0 untuk kemenangan PSMS Medan. 1 suporter Persita bernama Banu Rusman tewas setelah bentrok dengan suporter PSMS Medan di dalam stadion.

Foto: Detikcom - Muhammad Aminudin

Arema FC Malang vs Persib Bandung (2018)

Liga 1 Indonesia 2018 di Stadion Kanjuruhan, Malang, Jawa Timur, pada 15 April 2018 menampilkan laga imbang 2-2 Arema FC Malang vs Persib Bandung. 1 orang suporter Aremania tewas, yaitu Dhimas Duha Romli, dalam kerusuhan penonton di lapangan. Dalam kerusuhan itu, polisi melepaskan tembakan gas air mata.

Foto: Detikcom - Usman Hadi

Persebaya Surabaya vs PS Tira (2018)

Persebaya Surabaya vs PS Tira dalam Liga 1 Indonesia 2018 di Stadion Agung, Bantul, DIY, pada 13 April 2018. Persebaya menang telak 4-1 atas PS Tirta. 1 orang suporter Persebaya (Bonek) tewas, yaitu Micko Pratama (15), yang dikeroyok sekelompok pemuda ketika hendak pulang.

Foto: ANTARA - Dedhez Anggara

Persib Bandung vs Persija Jakarta (2018)

Persib Bandung menghadapi Persija Jakarta pada Liga 1 Indonesia 2018 di Stadion Gelora Bandung Lautan Api, Bandung, Jawa Barat, 23 September 2018. Persib menang 3-2 atas Persija. 1 suporter Jakmania bernama Haringga Sirla tewas dikeroyok Bobotoh ketika hendak pulang.

Foto: Dokumentasi Detikcom

Persib Bandung vs Persebaya Surabaya (2022)

Pada 17 Juni 2022, Piala Presiden 2022 menghadirkan laga Persib Bandung vs Persebaya Surabaya di Stadion Gelora Bandung Lautan Api, Bandung, Jawa Barat. Persib membekuk Persebaya dengan skor akhir 3-1. 2 Bobotoh tewas, yaitu Asep Ahmad Solihin (29) dan Sofian Yusuf (19), akibat berdesak-desakan saat akan masuk stadion.

Foto: Getty Images

Arema FC Malang vs Persebaya Surabaya (2022)

Arema FC Malang melawan Persebaya Surabaya dalam lanjutan Liga 1 BRI di Stadion Kanjuruhan, Malang, Jawa Timur, 1 Oktober 2022 malam. Arema ditekuk Persebaya dengan skor 2-3. Sebanyak 132 orang penonton tewas dalam bentrokan polisi dengan suporter Arema. Kericuhan akibat pemukulan petugas keamanan, gas air mata, dan berdesak-desakan keluar stadion.

Kepala Project
Irwan Nugroho
Naskah
M Rizal
Editor
Dieqy Hasbi Widhana
Penyelaras Bahasa
Habib Rifai
Frontend Developer
Dedi Arief Wibisono
***Komentar***
SHARE