DetikNews
Selasa 01 Mar 2016, 11:57 WIB

Manik Puspita, Putri Cantik yang Berjuang Promosikan Wisata NTB ke Dunia

Rachmadin Ismail - detikNews
Manik Puspita, Putri Cantik yang Berjuang Promosikan Wisata NTB ke Dunia Foto: Iswahyudy
Mataram - Manik Puspitawati, runner up I Putri Mutiara NTB tahun 2013 punya mimpi besar terkait pariwisata NTB. Dia ingin provinsi yang dikaruniai alam indah tersebut jadi destinasi wisata pilihan dunia.

Ditemui detikcom di kantor Dinas Pariwisata NTB, Mataram, NTB, Senin (29/2/2016) kemarin, Manik banyak berkisah soal pariwisata NTB. Salah satu event yang baru saja berlangsung adalah Festival Bau Nyale, tanggal 27-28 Februari lalu.

"Bau Nyale adalah cerita legenda rakyat. Dulunya seorang putri di kerajaan Lombok Tengah diperebutkan pangeran di kerajaan berbeda. Mereka sangat ingin mempersunting Putri Mandalika. Jadi Putri Mandalika ini menceburkan dirinya ke laut agar Semua orang bisa menikmati beliau," cerita Manik.

Mahasiswi Fakultas Ekonomi Universitas Mataram ini kerap mempromosikan berbagai event wisata NTB ke dunia. Salah satunya, saat ikut ke Dubai pada tahun 2014 lalu. Manik menjadi salah satu penari dan ikut menjual berbagai destinasi di pulau Lombok dan Sumbawa.

"Reaksinya cukup buat kita kaget. Karena kesenian kita digemari di dunia, keunikan di daerah bisa menarik ketertarikan di Dubai," ungkapnya.

Menurut wanita berambut panjang ini, berbagai event tradisional di NTB bisa dinikmati semua orang. Belum lagi kesenian, keindahan alam dan sejumlah potensi lain yang belum terjamah.

Menjadi Putri Pariwisata, membuat Manik sibuk mempromosikan wisata tersebut. Di sela-sela kuliah, dia kerap terlibat dalam berbagai acara promosi. Bagi Manik, salah satu cara promosi yang baik adalah meningkatkan kualitas diri.

"Jadi seorang Putri pariwisata itu harus dari hati, tidak mengejar popularitas, tapi benar-benar untuk terlibat memajukan daerah kita di mata dunia," paparnya.

Ke depan, Manik sangat berharap bisa menjadi seorang pebisnis untuk urusan wisata. Dia ingin bekerja dan membuka usaha di bidang akomodasi wisata di NTB.
(mad/mad)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed