DetikNews
Kamis 22 Desember 2011, 14:19 WIB

Djito Kasilo, Ungkapkan Cinta Lewat Lagu Anak-anak

- detikNews
Djito Kasilo, Ungkapkan Cinta Lewat Lagu Anak-anak
Jakarta - Lagu bisa menjadi media penyampai pesan. Melalui lagu bisa dikirim pesan cinta dan kasih sayang. Djito Kasilo pun menggunakan lagu untuk mengungkapkan cinta dan perhatiannya pada anak-anak.

Djito prihatin dengan fenomena anak-anak yang menyanyikan lagu-lagu untuk orang dewasa. Bukan berarti lagu untuk orang dewasa tidak baik. Namun alangkah baiknya jika anak-anak mendengarkan lagu yang sesuai dengan usianya. Karena biasanya lagu anak-anak berisi nasihat dan pesan moral.

Karena itulah Djito pun terinspirasi untuk menciptakan lagu anak-anak. Lagu-lagu yang antara lain berisi nasihat dan imbauan itu kini jumlahnya sudah mencapai 58 lagu. Tidak ada artis yang dimintanya untuk menyanyikan lagu-lagu ciptaannya. Dia hanya memajang lagu-lagunya di sebuah website: www.marinyanyi.com. Siapa pun boleh mengunduh dan menyebarkan lagu-lagu tersebut. Gratis!

\\\"Lagunya tidak semua baru. Ada lagu ciptaan saya dulu. Saya jadi bisa bikin lagu anak karena saya pernah menggarap operet anak-anak di salah satu televisi swasta tahun 1990-an,\\\" terang Djito dalam perbincangan dengan detikcom di Plaza Senayan, Jakarta, Rabu (21\/12\/2011).

Pria yang akrab disapa Ayah ini berharap akan ada orang-orang yang memiliki akses internet bersukarela mengunduh lagu anak-anak itu dan menyimpannya dalam CD. Selanjutnya CD itu disebarkan ke sekolah-sekolah. Dengan demikian, anak-anak akan memiliki banyak referensi lagu anak yang sederhana, mudah dinyanyikan namun menggelitik.

\\\"Saya bukan orang yang sangat religius. Tapi hak cipta lagu-lagu ini memang milik Tuhan. Saya hanya sebagai sarana saja. Karena pada prinsipnya itu manusia tidak punya apa-apa. Manusia lahir telanjang, dan kembali juga telanjang,\\\" jelas pria kelahiran 10 Juni 1961 ini saat ditanya soal hak cipta.

Anak-anak membutuhkan kekuatan untuk bersandar, membutuhkan pundak untuk menangis dan membutuhkan contoh untuk mempelajari sesuatu dari seseorang. Sebagai ayah, Djito ingin anak-anak belajar berbagi dan peduli pada sesama dari hal kecil yang telah dilakukannya.

Di www.marinyanyi.com ada halaman yang memungkinkan pengunjung untuk memesan lagu dengan mengusulkan tema tertentu. Dengan senang hati Djito akan membuatkan lagunya.

\\\"Saya berharap lagu itu bisa tersebar ke anak-anak sampai ke pelosok. Pembentukan karakter itu penting, dan itu harus dilakukan sejak anak-anak. Salah satunya dengan lagu yang berisi pesan-pesan yang baik,\\\" terang ayah satu anak ini.

Selama masih mampu, Djito yang kini bekerja sebagai strategic planning consultant ini, akan terus menulis lagu anak. Dia juga akan terus menyanyikannya dengan suaranya yang ceria. Dia akan terus menunjukkan cinta dan sayangnya kepada anak-anak dengan nasihat-nasihat dalam lagunya.




(vit/nrl)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed