DetikNews
Kamis 11 September 2008, 11:47 WIB

Ray Rangkuti dan Nama Beken

- detikNews
Ray Rangkuti dan Nama Beken
Jakarta - Nama Ray Rangkuti tentu sudah cukup populer. Namun Ahmad Fauzi, mungkin belum banyak yang tahu. Padahal keduanya adalah orang yang sama.

Bahkan, DPR pernah dibuat bingung karena perbedaan nama itu. Saat fit and proper test calon anggota Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu), Ray Rangkuti sempat membuat para anggota Dewan yang mengetesnya bertanya-tanya.

"Mereka pada nanya, sebenarnya namanya siapa, Ray Rangkuti atau Ahmad Fauzi. Malah jadi guyonan selama 15 menit waktu itu," ceritanya kepada detikcom, Kamis (11\/8\/2008).

Namun pria 39 tahun itu menegaskan, bukan karena 'nama ganda' itu dirinya tidak lolos menjadi anggota Bawaslu. "Blok politik saya lemah. Lobi-lobi saya kurang, saya malas lobi-lobi gitu," kata Ray.

Pria kelahiran Mandailing Natal (Madina), Sumatera Utara, 20 Agustus 1969 itu mengatakan, Rangkuti adalah marga yang melekat pada namanya. Sedangkan Ray, merupakan singkatan dari marga tersebut.

"Seperti orang Batak, orang Madina juga lebih suka dipanggil dengan marganya. Tapi kan Rangkuti terlalu panjang, akhirnya disingkat jadi Ray," kata pengamat politik muda lajang ini.

"Di kampung memang Rangkuti disingkat jadi Ray atau Rkt. Ya biar keren Ray saja, jadinya Ray Rangkuti," lanjutnya sambil tertawa.

Karena banyak orang yang bingung, apakah tidak ingin menjadikan Ray Rangkuti sebagai data resmi? "Ya saya bingung juga, di satu sisi, Ahmad Fauzi adalah nama pemberian orang tua yang saya hormati. Tapi di sisi lain, saya suka dengan Ray Rangkuti," ujar Direktur Lingkar Madani untuk Indonesia (LIMA) ini.

Mungkin merasa senasib, Ray mengaku setuju dengan usulan pencantuman nama alias dalam surat suara Pemilu 2009. Namun, katanya, perlu ada surat pernyataan bermaterai yang menerangkan nama alias itu.

"Saya setuju karena itu menyangkut saya, hahaha," pungkas pengamat pemilu ini.


(ken/nrl)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed