Suara Pembaca

Bukalapak Tak Membantu Konsumen yang Terkena Transaksi Fraud

Dwi - detikNews
Kamis, 20 Agu 2020 15:55 WIB
Keluhan

(SOLVED)

Pada 02 Mei 2020, kartu kredit Bank Mandiri saya terkena fraud di Bukalapak dengan nominal transaksi Rp 33.940.929 yang dilakukan bukan dengan akun saya. 30 menit setelah transaksi terjadi, saya langsung menghubungi pihak Bukalapak (021-508133) karena saya sadar kartu saya disalahgunakan.

Karena sejak waktu sejak transaksi berhasil tidak lama, pihak Bukalapak akan kooperatif untuk membatalkan transaksi yang tidak saya lakukan. Saya juga segera memblokir kartu kredit Bank Mandiri saya. Namun setelah proses yang panjang, Bukalapak tetap meneruskan transaksi. Padahal saya telah memberikan bukti-bukti kepemilikan kartu kredit.

Bank Mandiri hanya memberikan penangguhan dan saya disarankan untuk membayar minimum payment untuk uang yang sama sekali tidak saya gunakan. Padahal jumlah transaksi tersebut sangat besar.

Saya tetap keberatan dan tidak ada dana untuk membayar transaksi fraud tersebut. Saya mohon kepada Bukalapak agar lebih memperhatikan keamanan konsumen karena ini sangat merugikan.


Dwi
08785651****

Jawaban

Tanggapan Bukalapak

Terima kasih atas hubungan yang terjalin dengan baik antara Bukalapak dan Detik selama ini. Terkait kasus yang dialami oleh ibu Dwi, dapat kami sampaikan bahwa tim Bukalapak dan Bank Mandiri telah berkoordinasi dengan Ibu Dwi untuk mendapatkan solusi terbaik atas masalah yang dihadapi.

Kejadian yang dihadapi Ibu Dwi diduga merupakan salah satu bentuk kejahatan di dunia maya atau cyber crime yang bisa terjadi kepada siapapun. Oleh karena itu, kami di Bukalapak terus menerus meningkatkan penerapan cyber security baik dari sisi infrastruktur, keahlian, dan juga budaya perusahaan. Selain itu, kami juga mengingatkan para pengguna untuk lebih aktif mengambil langkah-langkah pengamanan yang bisa dilihat di bukalapak.com/panduan_keamanan.

Kami akan senantiasa bekerjasama dengan para Pelapak dan Pembeli kami demi kenyamanan mereka selama bertransaksi. Kami percaya bahwa transparansi penting untuk memastikan kepercayaan konsumen kami di Bukalapak. Kami juga sampaikan bahwa seluruh pelanggan Bukalapak yang mengalami kendala atau ingin menyampaikan feedback, bisa menghubungi BukaBantuan di livechat atau call center Bukalapak di nomor 021-50813333.


Gicha Graciella
Senior Corporate Communications Manager

(wwn/wwn)
Kirimkan keluhan atau tanggapan Anda yang berkaitan dengan pelayanan publik. Redaksi detikcom mengutamakan surat yang ditulis dengan baik dan disertai dengan identitas yang jelas. Klik disini untuk kirimkan keluhan atau tanggapan anda.