Suara Pembaca

Kecewa Pembatalan Pesanan Oleh JD.ID

Syehan - detikNews
Kamis, 23 Apr 2020 16:13 WIB
Keluhan

(SOLVED)

Tanggal 02 April 2020, JD.ID melakukan promo Brand Bazzar dan saya melakukan beberapa pesanan aksesoris handphone merek Joyseus di JD.ID dengan nomor pesanan 1019584397 yang secara otomatis menggunakan jasa pengiriman JX-Express.

Sampai tanggal 09 April 2020, status pesanan tersebut masih menunggu untuk di jemput oleh pihak JX-Express. Saya menanyakan ke pihak penjual melalui layanan chat dan diinformasikan bahwa kiriman terlambat dijemput dikarenakan wabah virus Corona serta dijanjikan untuk mempercepat proses pengirimannya.

Tanggal 13 April 2020, pesanan saya tiba di DC Marunda berdasarkan hasil tracing JD.ID dan JX.Express, dan ketika saya melakukan pengecekan pada tanggal 15 April 2020 di aplikasi JD.ID, pesanan saya sudah dibatalkan oleh JD.ID tampa penjelasan. Karena rasa penasaran saya coba cek di JX.Express dan status pesanan saya masih di DC Marunda.

Saya mencoba menghubungi customer service melalui fitur live chat, dijelaskan pesanan saya dibatalkan oleh sistem JD.ID dikarenakan kendala pengiriman. JD.ID menawarkan solusi berupa refund dana untuk melakukan pemesanan ulang. Saya menolak solusi yang diberikan dan saya tanyakan masalah atau detail kendala pengirimannya, tetapi tidak dijawab dan hanya dapat memberikan jawaban yang sama.

Saya harap JD.ID segera mengirimkan pesanan dengan nomor 1019584397 dan jelaskan penyebab terjadi kendala di proses pengirimannya karena berdasarkan hasil pengecekan pesanan tersebut belum pernah masuk dalam proses pengiriman. Terima kasih.


Syehan
Nomor Pesanan 1019584397



Jawaban

Tanggapan JD.id atas Surat Pembaca Syehan

Menanggapi surat keluhan yang ditujukan kepada kami oleh konsumen atas nama Syehan pada hari Kamis, 23 April 2020 lalu di halaman ini, kami dari JD.id telah menghubungi konsumen untuk menjelaskan kondisi yang sebenarnya.

Kami menyampaikan permohonan maaf atas ketidaknyamanan yang telah dialami. JD.id tetap bertanggung jawab atas hal ini kepada konsumen. Pada hari Rabu, 29 April 2020 Tim CS kami menerima informasi dari Tim Crossborder bahwa pesanan konsumen yang terbatalkan sudah diproses kembali dan akan segera dikirim. Mereka juga menginformasikan bahwa pada hari tersebut pesanan konsumen telah tiba di alamat tujuan.

Keesokan harinya, Tim CS kami melakukan koordinasi dengan Tim Finance agar pesanan konsumen tidak di-refund dan agar segera dilakukan proses settlement kepada pihak seller. Pada hari yang sama, Tim CS kami juga mengonfirmasikan konsumen via WhatsApp dan e-mail bahwa pesanan yang terbatalkan sudah diproses kembali dan telah berhasil terkirim pada hari Rabu, 29 April 2020.

Dalam kesempatan ini, konsumen menyatakan bahwa produk pesanan telah diterima dengan baik, kemudian menyatakan kesediaan-nya untuk menutup laporan. Kami ucapkan terima kasih atas perhatian-nya. JD.id selalu berkomitmen menghadirkan pengalaman berbelanja daring yang menyenangkan dan memberikan layanan prima kepada para pelanggan JD.id di seluruh Indonesia.


Deny Ekarisma
Customer Service Frontline Operation Manager JD.id

(wwn/wwn)
Kirimkan keluhan atau tanggapan Anda yang berkaitan dengan pelayanan publik. Redaksi detikcom mengutamakan surat yang ditulis dengan baik dan disertai dengan identitas yang jelas. Klik disini untuk kirimkan keluhan atau tanggapan anda.