detikNews
Jumat 23 Agustus 2019, 11:26 WIB

Singapore Airlines Delay 8 Jam, Kompensasi Belum Diterima

Chlara - detikNews
Jakarta -
Keluhan
Saya dan keluarga adalah penumpang Singapore Airlines (SQ) dengan rute Jakarta-London PP. Pada saat keberangkatan, kami tidak mengalami masalah. Namun saat pulang mengalami pelayanan mengecewakan.

Kami semestinya berangkat dari Heathrow Airport London pada 01 Juli 2019 pukul 09.25. Namun diundur menjadi pukul 15:10 dan setelah itu jadwal penerbangan kemudian diundur lagi menjadi jam keberangkatan pukul 17:10.

Total delay kurang lebih 8 jam. Pesawat kami akhirnya mendarat di Jakarta pada 2 Mei 2019 sekitar pukul 18.00 WIB. Untuk diketahui, kami membawa anak kecil usia 3 tahun, yang mengalami stress karena jadwal penerbangan delay kurang lebih dari 8 jam.

Kami mendapatkan surat dari SQ yang diberikan saat chek in bahwa kami berhak mendapatkan kompensasi makan dan kompensasi ganti rugi (surat masih kami simpan). Untuk kompensasi makan berupa kupon telah kami terima dengan baik.

Adapun untuk kompensasi ganti rugi kami dijanjikan maksimal dapat EUR 600 per penumpang yang diproses setelah melaporkan ke perwakilan SQ di masing-masing negara. Maka, setibanya di Jakarta, kami membuat laporan atas keterlambatan itu ke perwakilan SQ di Jakarta di Gedung Noble House Mega Kuningan, pada 3 Juli 2019.

Laporan kami diterima oleh seorang perempuan inisial D dan dijanjikan kompensasi ganti rugi akan diproses maksimal 3 bulan. Kami semua diminta menunggu dan akan diinformasikan progress penanganan. Kami dengan sabar menunggu dan berharap positif bahwa SQ mempunyai itikad baik dan kesadaran sendiri atas janji tersebut. Namun tidak ada pemberitahuan progress penanganan.

Saat dikonfirmasi lagi hari ini, Jumat (22/8/2019), ternyata pihak SQ Jakarta menyatakan keluhan kami masih diurus ke kantor pusat SQ di Singapura. Kami kaget dan kecewa karena waktu pelaporan keluhan sudah lewat 1 bulan 20 hari. Laporan kami dinyatakan akan diproses ulang.

Oleh sebab itu, sebagai konsumen kami sangat kecewa dengan layanan SQ tidak cepat tanggap atas keluhan konsumen. Kami berharap SQ yang mempunyai nama besar dan reputasi baik di dunia, cepat tanggap dalam memberikan layanan dengan didasari itikad baik kepada penumpang.


Chlara
Kode Booking Q5NIZR
Jawaban

Keluhan diatas belum ditanggapi oleh pihak terkait


(wwn/wwn)
Kirimkan keluhan atau tanggapan Anda yang berkaitan dengan pelayanan publik. Redaksi detikcom mengutamakan surat yang ditulis dengan baik dan disertai dengan identitas yang jelas. Klik disini untuk kirimkan keluhan atau tanggapan anda
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com