detikNews
Rabu 21 Agustus 2019, 10:47 WIB

Keputusan Sepihak Tim Mediasi Shopee Merugikan Penjual

Andreas - detikNews
Jakarta -
Keluhan
Pada tanggal 12 Juli 2019, saya yang merupakan salah satu penjual di Shopee menerima pesanan sebesar Rp 244 ribu dengan nomor transaksi 19071216506VBVR. Pembeli memilih pengiriman menggunakan JNE tanpa membayar asuransi karena sistem Shopee tidak menyediakan pilihan untuk membayar asuransi.

Esok harinya, pesanan sudah dikirimkan melalui JNE tanpa asuransi. Tanggal 25 Juli 2019, barang dinyatakan hilang oleh JNE dan tanggal 31 Juli 2019, tim Mmediasi Shopee.co.id memutuskan mengembalikan dana secara penuh ke pembeli.

Keputusan dikeluarkan secara sepihak tanpa upaya mediasi awal dengan menghubungi pembeli, penjual dan JNE secara keseluruhan sebelum keputusan dibuat. Tim mediasi salah melakukan pengembalian dana Rp 244 ribu, padahal seharusnya Rp 90 ribu (10 x ongkos kirim) karena pembeli tidak bayar asuransi JNE.

Shopee meminta saya yang harus tanggung jawab atas kesalahan ini, padahal saya telah melayani sesuai permintaan pembeli yang tidak membayar asuransi JNE yang artinya JNE hanya akan ganti rugi sesuai ketentuan.

Tanggal 07 Agustus 2019, tim mediasi Shopee menyarankan saya untuk meminta uang asuransi kepada pembeli, padahal ketika posting produk di sistem Shopee tidak menyediakan pilihan tersebut sehingga wajar pembeli tidak bisa memilih membayar asuransi.

Esok harinya saya menelepon call centre Shopee.co.id, untuk menanyakan prosedur Shopee. Call centre menyatakan bahwa penjual telah melakukan kewajibannya dengan baik sehingga tidak dibebankan biaya kehilangan barang dan seharusnya tim mediasi melakukan mediasi terlebih dahulu sebelum mengeluarkan keputusan serta tidak benar tim mediasi untuk menyarankan transfer di luar rekening Shopee.

Saya merasa kecewa dengan keputusan sepihak tim mediasi Shopee.co.id dan melalui surat pembaca ini, saya berharap manajemen Shopee.co.id segera menghubungi saya untuk mengganti kerugian akibat kesalahan tim mediasi tersebut. Terima kasih.


Andreas
08561835575
Jawaban

Keluhan diatas belum ditanggapi oleh pihak terkait


(wwn/wwn)
Kirimkan keluhan atau tanggapan Anda yang berkaitan dengan pelayanan publik. Redaksi detikcom mengutamakan surat yang ditulis dengan baik dan disertai dengan identitas yang jelas. Klik disini untuk kirimkan keluhan atau tanggapan anda
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com