detikNews
Selasa 25 Juni 2019, 12:45 WIB

Credits Dibatalkan karena Dituduh Melakukan Penipuan oleh Bukalapak

Irfan - detikNews
Jakarta -
Keluhan
(SOLVED)

Pada tanggal 27 Mei 2019, saya mengakses Bukalapak dan betapa terkejutnya melihat saldo credits yang berkurang secara drastis. Setelah dicek, ternyata Bukalapak melakukan pembatalan credits. Padahal masa kedaluwarsa masih 4 bulan lagi.

Keesokan harinya saya langsung ajukan keluhan lewat Facebook. Dalam kurun waktu 2x24 jam, Bukalapak merespon dan memberi jawaban atas keluhan saya. Setelah saya baca dengan teliti, dinyatakan bahwa saya telah melakukan penipuan atau melakukan pembelian yang tidak wajar terhadap produk Bukalapak.

Saya mendapatkan credits tersebut dari tiga pembelian produk digital pada bulan April 2019 yaitu bayar tagihan listrik, tagihan indihome, dan token listrik. Dan anehnya, itu adalah salah satu pembelian atau transaksi rutin yang saya gunakan mulai bulan Januari 2019. Hanya saja tidak saya setting secara otomatis.

Sehari setelah saya mendapatkan email balasan, saya meminta penjelasan letak penipuan atau pembelian yang tidak wajar secara detail. Namun tidak ada jawaban yang saya terima.

Jika pihak bukalapak tidak bisa menjelaskan, tolong kembalikan credits yang dibatalkan tersebut. Karena saya yakin sekali sudah mengikuti ketentuan dan syarat yang berlaku oleh Bukalapak. Terima kasih.


Irfan
0897085****

(20/06/2019)
Jawaban

Tanggapan Bukalapak

Sehubungan dengan dimuatnya Surat Pembaca di Detik.com tertanggal 20 Juni 2019 yang ditulis oleh Bapak Irfan perihal transaksi di Bukalapak dengan artikel yang berjudul "Credits Dibatalkan karena Dituduh Melakukan Penipuan oleh Bukalapak", izinkanlah kami untuk membantu memberikan penjelasan.

Terkait kendala yang dialami oleh Bapak Irfan, kami sudah melakukan konfirmasi secara langsung kepada Bapak Irfan untuk kendala Credits yang terbatalkan karena kendala sistem. Saat ini, kendala tersebut sudah selesai dan Credits sudah diteruskan kembali ke saldo Bukalapak Bapak Irfan. Kami sampaikan permohonan maaf kami atas ketidaknyamanan ini.

Bukalapak akan selalu bekerjasama dengan para Pelapak dan Pembeli kami, demi kenyamanan mereka selama bertransaksi berjualan dan juga berbelanja. Kami percaya bahwa transparansi penting untuk memastikan kepercayaan konsumen kami di Bukalapak.


Intan Wibisono
Head of Corporate Communication Bukalapak

(wwn/wwn)
Kirimkan keluhan atau tanggapan Anda yang berkaitan dengan pelayanan publik. Redaksi detikcom mengutamakan surat yang ditulis dengan baik dan disertai dengan identitas yang jelas. Klik disini untuk kirimkan keluhan atau tanggapan anda
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed