DetikNews
Kamis 23 Mei 2019, 13:12 WIB

Air Palyja Mati, Estimasi Perbaikan Hampir Dua Bulan

Stephen - detikNews
Jakarta -
Keluhan
(SOLVED)

Saya adalah pelanggan Palyja yang beralamat di Perumahan Daan Mogot Baru dengan nomor rekening 000485495. Sejak tanggal 2 Mei 2019, air bersih di rumah kami sudah tidak mengalir.

Tanggal 3 Mei 2019, saya menelepon customer service Palyja. Disampaikan bahwa sedang tidak ada gangguan, sehingga hanya membantu membuatkan laporan. Esok harinya saa menghubungi Palyja lagi, namun tetap belum ada update terkait laporan tersebut.

Tanggal 8 Mei 2019, petugas pencatat meteran air datang. Ketika dikonfirmasi mengenai air yang belum mengalir, petugas menginformasikan bahwa memang ada ganggua dan sekarang sedang dilakukan perbaikan dengan estimasi selesai di hari tersebut, atau setidaknya paling lambat keesokan harinya.

Kami berusaha sabar menunggu beberapa hari, sayangnya sampai tanggal 12 Mei 2019, air masih belum mengalir. Saya kembali menghubungi Palyja dan mendapat informasi bahwa memang terdapat gangguan dengan estimasi selesai perbaikannya tanggal 1 Juli 2019.

Menurut kami estimasi perbaikan tidak dapat diterima, mengingat air merupakan kebutuhan harian. Apalagi solusi sementara dari Palyja hanya pengiriman mobil tangki air, padahal Palyja tidak dapat memberikan kepastian kapan akan dikirim. Kami harap masalah air mati ini dapat segera diselesaikan. Terima kasih.


Stephen
08132078****

(17/05/2019)
Jawaban

Surat Tanggapan PALYJA atas Keluhan Pelanggan

Menanggapi keluhan Bapak/Ibu di media detikNews.com edisi Jumat 17 Mei 2019 berjudul "Air PALYJA Mati, Estimasi Perbaikan Hampir 2 Bulan", dengan nomor identitas pelanggan/NOREK 00048549 an. PT Fajar Surya Perkasa, beralamat di Perumahan Daan Mogot Baru Blok LB No. 32, Kalideres, Jakarta Barat 11840 kami mohon maaf atas ketidaknyamanan yang terjadi dan sangat memahami kekecewaan yang dialami pelanggan.

Sebelumnya PALYJA telah menerima pengaduan pelanggan mengenai gangguan suplai air. Pada tanggal 7 Mei 2019, petugas PALYJA telah melakukan pengecekan di lokasi persil pelanggan seperti alamat yang tercantum diatas, namun saat itu kondisi rumah dikunci sehingga petugas PALYJA tidak dapat melakukan pengecekan lebih lanjut.

Dapat kami sampaikan bahwa secara umum kondisi suplai air PALYJA ke area Kalideres sudah maksimal, sementara kebutuhan air bersih sangat tinggi dan cenderung meningkat. Selain itu, area Kalideres merupakan area yang mendapatkan pasokan air curah dari Cikokol yang apabila pasokan tidak stabil/fluktuatif, maka area Kalideres dan sekitarnya rentan mengalami gangguan.

Disamping itu. terhambatnya distribusi suplai air bersih ke area Kalideres dan sekitarnya juga dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor diantaranya kondisi kontur, kondisi jaringan, dan jarak antara lokasi persil pelanggan dengan sumber distribusi air bersih.

Upaya-upaya yang sudah dilakukan oleh PALYJA untuk mengatasi gangguan suplai air di area Kalideres dan sekitarnya, antara lain :
  • Melakukan optimasi jaringan di beberapa titik lokasi.
  • Melakukan pencarian kebocoran di Lingkar Luar yang merupakan sumber air ke Kalideres.
  • Melakukan pemompaan dari Booster Pump (BP) Taman Palem.
  • Melakukan percobaan penambahan pasokan suplai air di Distribution Central Reservoir (DCR) 4
  • Melakukan upaya perbaikan kebocoran di Sumur Bor dengan cara relokasi pipa yang berlokasi di depan halte Sumur Bor yang saat ini masih terkendala dengan perizinan.


Diharapkan setelah selesai pekerjaan-pekerjaan tersebut di atas, kondisi suplai air ke area Kalideres, dan sekitarnya akan membaik. Oleh karena itu, kami mohon kesabaran dan pengertian dari pihak pelanggan.

Selama kondisi suplai air belum optimal, PALYJA memberikan bantuan air bersih melalui mobil tangki. Namun saat permintaan pengiriman air bersih melalui mobil tangki mengalami peningkatan, sedangkan kapasitas PALYJA terbatas, maka pengiriman air bersih melalui mobil tangki tidak semua terpenuhi dan diprioritaskan antara lain ke rumah sakit, badan/panti social.

Informasi dan keluhan sehubungan dengan pelayanan PALYJA dapat disampaikan melalui Contact Center PALYJA di nomor telepon 29979999 yang beroperasi 24 Jam, 7 hari dalam seminggu, atau melalui e-mail palyja.care@palyja.co.id dan layanan SMS 0816725952, dengan menyebutkan nomor identitas pelanggan/NOREK dan nomor telepon yang mudah dihubungi.

PALYJA tetap berupaya untuk memberikan pelayanan yang terbaik dan senantiasa melakukan perbaikan. Demikian kami sampaikan, atas perhatian dan pengertiannya diucapkan terimakasih.


Lydia Astriningworo
Corporate Communications and Social Responsibility Division Head

(wwn/wwn)
Kirimkan keluhan atau tanggapan Anda yang berkaitan dengan pelayanan publik. Redaksi detikcom mengutamakan surat yang ditulis dengan baik dan disertai dengan identitas yang jelas. Klik disini untuk kirimkan keluhan atau tanggapan anda
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed