DetikNews
Selasa 12 Juni 2018, 16:29 WIB

Pengiriman Pesanan Salah, Refund JD.ID belum Diterima

Joko - detikNews
Jakarta -
Keluhan
(Solved)

Pada tanggal 12 Maret 2018, saya melakukan transaksi pembelian smart TV Toshiba di JD.ID dengan nomor pesanan 226314489. Dikarenakan yang dikirimkan TV LED biasa, maka saya kembalikan ke JD.ID pertanggal 13 Maret 2018.

Tanggal 24 Maret 2018, JD.ID menginformasikan melalui email bahwa pengembalian dana telah berhasil dilakukan ke kartu kredit pada tanggal 20 Maret 2018. Tetapi menurut customer care bank penerbit, tidak ada dana yang masuk ke kartu kredit, konfirmasi ini saya lakukan sebanyak 3 kali.

Sampai dengan keluhan ini disampaikan, JD.ID selalu saja memberikan alasan untuk mengirimkan billing tagihan kartu kredit. Padahal lembar tagihan tersebut sudah saya kirimkan seminggu sebelumnya.


Joko
jokopurnomo_ok@yahoo.com

(04/06/2018)
Jawaban

Tanggapan JD.ID atas Surat Pembaca Bapak Joko Purnomo

Menanggapi surat keluhan yang ditujukan kepada kami oleh Bapak Joko Purnomo pada hari Senin, 4 Juni 2018 lalu di Detik.com mengenai keterlambatan proses refund, kami ingin menyampaikan bahwa kami dari JD.ID telah menghubungi konsumen untuk menjelaskan kondisi yang sebenarnya.

Perlu kami informasikan bahwa proses refund ke kartu kredit umumnya membutuhkan waktu 7-14 hari kerja. Pihak JD.ID telah memproses refund konsumen sejak tanggal 21 Maret 2018 namun baru diproses oleh pihak penerbit kartu kredit pada tanggal 31 Mei 2018.

Konsumen akhirnya telah menerima refund dan kami juga telah menghubungi konsumen untuk menginfokan hal tersebut. Dengan demikian permasalahan ini dianggap selesai.

Kami ucapkan terima kasih atas perhatiannya. JD.ID selalu berkomitmen menghadirkan pengalaman berbelanja daring yang menyenangkan dan memberikan layanan prima kepada para pelanggan JD.ID di seluruh Indonesia.


Iwan Arigayota
Head of Customer Service JD.ID

(wwn/wwn)
Kirimkan keluhan atau tanggapan Anda yang berkaitan dengan pelayanan publik. Redaksi detikcom mengutamakan surat yang ditulis dengan baik dan disertai dengan identitas yang jelas. Klik disini untuk kirimkan keluhan atau tanggapan anda
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed