DetikNews
Selasa 23 Januari 2018, 14:23 WIB

Transaksi JD.ID Dibatalkan, Dana Pembelian belum Dikembalikan

Ray - detikNews
Jakarta -
Keluhan
(Solved)

Pada tanggal 12 Desember 2017, JD.iD melakukan pembatalan pesanan dan sudah menghubungi JD.ID sesuai dengan prosedur pada hari yang sama. Namun yang kami dapatkan hanya janji dan refund atas dana yang kami bayarkan belum dikembalikan.

Untuk pengajuan refund pertama yang kami lakukan, kami mendapatkan tanggapan bahwa jangka waktu pengembalian adalah 3 sampai 5 hari kerja. Ketika kami menghubungi JD.ID lagi, diberitahukan proses refund baru dilakukan tanggal 14 Desember 2017.

Setelah semua jalan tidak membuahkan hasial, saya ke kantor JD.ID di bilangan Mega Kuningan (05/01/2018). Namun tetap tidak mendapat kepastian tanggal pengembalian dana tersebut, ini sungguh sangat mengecewakan saya sebagai pihak pembeli.


Ray
raypardede_se@yahoo.co.id
Jawaban

Tanggapan JD.ID atas Surat Pembaca Bapak Ray

Menanggapi surat keluhan yang ditujukan pada kami oleh Bapak Ray pada 5 Januari 2018 di halaman ini, kami dari JD.ID telah menghubungi konsumen untuk menjelaskan kondisi yang sebenarnya.

Per Kamis, 14 Desember 2018, kami telah memproses pengembalian dana konsumen melalui kartu debit online miliknya. Perlu kami informasikan, karena metode pembayaran yang digunakan oleh konsumen adalah debit online, proses pengembalian dana memerlukan waktu 7-14 hari kerja sesuai ketentuan bank penerbit, sehingga untuk mekanisme refund setelah tanggal 14 Desember 2018 ada di pihak bank.

Saat ini dana refund telah diterima oleh konsumen pada Rabu (10/1). Berdasarkan informasi yang kami terima dari pihak bank, proses refund mengalami sedikit keterlambatan karena terkendala libur tahun baru. Kami telah menjelaskan hal ini langsung kepada konsumen dan konsumen dapat memahaminya. Dengan demikian permasalahan ini dianggap selesai.

Kami ucapkan terima kasih atas perhatiannya dan mohon maaf atas ketidaknyamanan yang terjadi. JD.ID selalu berkomitmen menghadirkan pengalaman berbelanja daring yang menyenangkan dan memberikan layanan prima kepada para pelanggan JD.ID di seluruh Indonesia.


Iwan Arigayota
Head of Customer Service JD.ID

(wwn/wwn)
Kirimkan keluhan atau tanggapan Anda yang berkaitan dengan pelayanan publik. Redaksi detikcom mengutamakan surat yang ditulis dengan baik dan disertai dengan identitas yang jelas. Klik disini untuk kirimkan keluhan atau tanggapan anda
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed