ADVERTISEMENT

Survei IPS: Tingkat Kepuasan Jokowi-Ma'ruf Turun Jadi 60,8%

Rolando Fransiscus Sihombing - detikNews
Rabu, 10 Agu 2022 15:51 WIB
Presiden Joko Widodo (kiri) berbincang dengan Wakil Presiden Maruf Amin saat memimpin rapat kabinet terbatas tentang hilirisasi industri produk-produk unggulan di Kantor Presiden, Jakarta, Kamis (6/2/2020). Presiden Joko Widodo menyatakan industri nasional telah mampu membuat produk-produk dengan teknologi unggulan dan meminta dapat terus dikembangkan dengan pendanaan riset yang memadai dari BUMN serta swasta. ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A/wsj.
Presiden Jokowi dan Wapres Ma'ruf Amin. (ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A)
Jakarta -

Lembaga survei Indonesia Polling Stations (IPS) merilis hasil survei tingkat persepsi publik terhadap kinerja pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi)-Wapres Ma'ruf Amin. Hasilnya, tingkat kepuasan publik terhadap Jokowi-Ma'ruf Amin turun menjadi 60,8%.

Berdasarkan keterangan tertulis IPS, Rabu (10/8/2022), survei IPS dilaksanakan pada tanggal 1-8 Agustus 2022 di 34 provinsi di seluruh Indonesia. Sampel populasi ini adalah warga negara Indonesia yang sudah mempunyai hak pilih atau penduduk telah berusia 17 tahun dan/atau belum 17 tahun tetapi sudah menikah.

Jumlah sampel sebesar 1.220 responden, diperoleh melalui teknik pencuplikan secara acak bertingkat (multistage random sampling). Margin of error survei +- 2,8% pada tingkat kepercayaan (level of confidence) sebesar 95%. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik wawancara tatap muka dengan pedoman kuesioner. Sampel yang diperoleh petugas-petugas survei IPS yang tersebar di seluruh Indonesia terlebih dahulu kami validasi untuk mengetahui apakah sampel survei IPS kali ini valid atau tidak.

Kepada responden, IPS menanyakan apakah Ibu/Bapak/Saudara 'puas' atau 'kurang puas' terhadap kinerja pemerintahan Jokowi-Ma'ruf saat ini? Hasilnya:
Puas: 60,80%
Tidak puas: 34,90%
Tidak tahu: 4,30%

Hasil survei IPS ini menunjukkan persepsi publik kinerja pemerintah di bawah kepemimpinan Jokowi-Ma'ruf Amin sedikit mengalami penurunan dibandingkan dengan hasil survei IPS pada Juni lalu, dari 62,3% menjadi 60,8%. Salah satu faktor yang menyebabkan penurunan tersebut menurut analisis IPS adalah merosotnya kepuasan publik terhadap penegakan hukum.

"Hasilnya, mayoritas publik (60,8%) mengaku puas terhadap kinerja pemerintah saat ini. Salah satu bidang yang memperoleh rapor terburuk dari publik adalah penegakan hokum. Hanya 47,3% publik yang menyatakan puas terhadap kinerja pemerintah dalam penegakan hukum," kata peneliti senior IPS, Alfin Sugianto.

"Sementara itu bidang yang memperoleh tingkat kepuasan tertinggi dari publik adalah pertahanan keamanan. Sebanyak 68,7% publik mengaku puas terhadap kinerja pemerintah di bidang pertahanan dan keamanan," imbuhnya.

Simak Video: Survei LSJ: Prabowo Capres Dengan Tingkat Sentimen Positif Tertinggi

[Gambas:Video 20detik]



(rfs/gbr)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT