Pelaksanaan Pilpres 2009

Sekjen PBB Beri Selamat ke Presiden SBY

- detikNews
Kamis, 06 Agu 2009 19:36 WIB
Jakarta - Pelaksaan tahapan Pilpres 2009 yang aman dan tertib, disambut baik oleh kalangan internasional. Hal ini disampaikan Sekjen PBB Ban Ki-Moon kepada Presiden SBY dalam pembicaraan telepon mereka.

"Sekjen PBB Ban Ki-moon menyampaikan ucapan selamat kepada Bapak SBY atas pemilu Indonesia yang berlangsung dengan baik dan hasil Pilpres 2009 yang telah diumumkan KPU," kata Jubir Kepresidenan Dino Patti Djalal melalui surat elektronik yang detikcom terima, Rabu (6/8/2009).

Di dalam surat elektronik itu dinyatakan pembicaraan telepon berlangsung pada Rabu (5/8) pukul 20.30 WIB. Yakni di sela kunjungan kerja dua hari Presiden SBY di Nanggroe Aceh Darussalam (NAD) untuk membuka pekan budaya dan meresmikan bandara Sultan Iskandar Muda.

Dino juga memaparkan bahwa Sekjen PBB Ban Ki-Moon dan Presiden SBY juga membahas beberapa isu internasional. Di antaranya adalah rencana pelaksaan KTT G-20 berikutnya di Pittsburgh, Amerika Serikat, pada bulan September 2009.   

Tidak ketinggalan dibahas juga proses perundingan multilateral perubahan iklim yang menjadi amanah dari Bali Roadmap. Presiden SBY tegaskan lagi komitmen Indonesia untuk sepenuhnya mendukung upaya mencapai konsensus global baru mengenai perubahan iklim dalam COP-15 di Copenhagen bulan Desember mendatang.

"Presiden Yudhoyono dan Sekjen PBB Ban Ki-moon berjanji untuk terus melanjutkan hubungan yang erat dan kerjasama yang selama ini terjalin baik," sambung Dino.

(lh/lh)