Kolom

Selamat Tahun Baru untuk Teman-teman Luar Negeri

Shen Haixiong - detikNews
Jumat, 01 Jan 2021 18:23 WIB
Direktur China Media Group (CMG), Shen Haixiong
Foto: dok. China Media Group
Jakarta -

Teman-teman yang saya cintai, tahun 2021 yang kita nantikan segera akan tiba. Tahun yang baru ini juga adalah Tahun Sapi dalam penanggalan Imlek Tiongkok. Sapi, adalah hewan yang paling awal didomestikasi oleh umat manusia dan memainkan peran penting dalam zaman peradaban pertanian. Di dalam mata rakyat Tiongkok, sapi tidak hanya rajin bekerja, tapi juga kuat, dan sehat. Pada saat tahun baru ini, saya di Beijing menyampaikan salam tahun baru kepada Anda dan semoga Anda sejahtera dan sehat pada tahun yang baru ini!

Tahun 2020 yang baru berlalu sangat spesial. Dunia kita telah dilanda sejumlah besar kesulitan dan kesusahan. Pandemi COVID-19 tiba-tiba menyerang komunitas umat manusia. Di bawah pimpinan Presiden Tiongkok Xi Jinping, seluruh negeri Tiongkok telah mencapai hasil bertahap penting pencegahan dan penanggulangan wabah melalui upaya keras. Tiongkok pun menjadi ekonomi utama yang satu-satunya mewujudkan pertumbuhan ekonomi positif di dunia.

Dewasa ini, pandemi COVID-19 masih tetap merajalela di sejumlah besar negara di dunia. Kami menyatakan empati atas hal yang Anda sedang alami, dan saya setulusnya berharap Anda sekalian secepatnya mengatasi kesulitan dan menjaga sehat.

Sebagai seorang pekerja media, misi kami adalah melaporkan dan menyiarkan kenyataan aktual. Pada awal terjadinya wabah COVID-19, 2.000 lebih rekan saya segera berangkat ke garis depan pencegahan dan penanggulangan wabah Tiongkok, liputan live wartawan di 'bangsal merah' area infeksi serta film dokumenter Together Against COVID-19, secara tepat waktu dan obyektif membentangkan kenyataan penanggulangan wabah Tiongkok kepada seluruh dunia.

Kami juga menggelar acara COVID-19 Frontline dengan mengundang kehadiran sejumlah besar ahli kedokteran beberapa negara dalam rangka bersama para ahli dan dokter Tiongkok membagikan pengalaman praktek garis depan penanggulangan wabah. Kami juga melakukan wawancara eksklusif dengan editor jenderal majalah kedokteran The Lancet, Richard Horton, dan penulis pertama Laporan Variasi Virus Corona Jenis Baru dari Universitas Cambridge, Peter Forster dalam rangka membantah berbagai rumor seputar wabah dengan menggunakan kenyataan dan sains.

Tahun 2020 yang baru lewat diwarnai kisah-kisah seru dan terharu. Seorang ahli filsafat dari Dinasti Song Tiongkok 900 tahun lebih lalu mengatakan kesulitan dan kemiskinan dapat melatih tekad bagi seseorang, dan membantu dia sukses. Sesuatu negara pun sama halnya. Di tengah kesulitan dan kesusahan, kami juga merasakan kehangatan dan persahabatan, lebih jelas menikmati intisari komunitas senasib sepenanggungan umat manusia. Melalui penanggulangan wabah kali ini, kami secara mendalam memahami hanya bergandengan tangan, umat manusia baru bisa mengalahkan semua tantangan bersama yang kami hadapi seperti pandemi kali ini.

Pandemi COVID-19 menghalangi pertukaran tatap muka antar sesama manusia, tapi semakin mendekati hati kita. Selama tahun yang lalu, saya telah saling mengirim surat salam sekitar 300 bersama dengan penanggung jawab media-media internasional antara lain VGTRK Rusia, Surat Kabar Rusia, BBC, CNN, AFP, Reuters, NHK, RAI, EBU, serta sejumlah duta besar luar negeri untuk Tiongkok, dalam rangka menyampaikan salam, menginisiatif tanggung jawab dan memperdalam kesepahaman. CMG masih menggelar 'Forum Awan' untuk bersama seratus lebih media asal Eropa dan Amerika Latin demi bersama membahas kerja sama dan bersama menanggulangi wabah; CMG juga menjalin kerja sama mekanisme dengan sejumlah media, acara-acara yang diproduksi bersama seperti Speaking Up About China-Generation 2021 dan China's Greatest Treasures telah memberi kekuatan budaya kepada rakyat yang menderita pandemi.

Sama seperti pandemi, kemiskinan juga dianggap sebagai sakit historis komunitas umat manusia. Presiden Xi Jinping menunjukkan, mengentaskan kemiskinan sejak zaman purba kala adalah ide yang dikejar oleh umat manusia, dan juga adalah hak mendasar rakyat berbagai negara untuk menginginkan kesejahteraan. Pada tahun lalu, Tiongkok telah merealisasi pengentasan kemiskinan secara keseluruhan.

Melalui perjuangan selama 8 tahun, sebesar 100 juta populasi telah melepaskan diri dari kemiskinan, Tiongkok sempat mencatat keajaiban umat manusia dalam sejarah pengentasan kemiskinan. Sebagai pencatat event historis tersebut, kami telah memublikasikan film dokumenter dalam berbagai versi bahasa asing 'China's War On Poverty', dan merencanakan serangkaian acara spesial seperti 'Global Action Initiative 2020-Poverty Alleviation'. Kami berharap melalui catatan pengentasan kemiskinan dari berbagai desa dan keluarga Tiongkok, memberi referensi kepada negara dan masyarakat yang masih berupaya untuk melepas diri dari kemiskinan.

Pada saat melaksanakan tanggung jawab media, kami terus mengupayakan target kami yang membentuk media internasional arus utama tipe baru, mencoba pembangunan Omnimedia dalam lingkungan jaringan internet. Kami telah menggunakan teknologi '5G+4K/8K+AI', dengan sukses melakukan siaran langsung terhadap kegiatan penjelajahan sains penting seperti Chang'e-5 mengambil sampel tanah di bulan dan kapal selam Fendouzhe yang menyelam sedalam 10 ribu meter di bawah permukaan laut. Selama China International Import Expo Ke-3, kami melancarkan event penjualan melalui live streaming yang bertema 'Buy the best products with no need to leave Shanghai', dengan sukses membuka jalur penjualan online bagi sejumlah besar produk asal Eropa di pasar Tiongkok.

Saya selalu berpendapat, kenyataan adalah jiwa sejati bagi media. Warta berita yang terandalkan serta informasi yang terpercaya telah mencerminkan tanggung jawab dan sifat media. Yang menyesalkan ialah, laporan dari sejumlah media seputar Tiongkok selalu menggunakan prasangka menggantikan keadilan, membuat kebohongan daripada kenyataan. Liputan-liputan mereka terkait penanggulangan wabah maupun pada masalah Hongkong dan Xinjiang, sama sama muncul kesalahan atau kekeliruan absurd. Kami tepat waktu menanggapi kabar-kabar hoaks tersebut, dan meluruskannya dengan kenyataan. Opini kami mungkin berbeda, tapi kenyataannya cuma satu.

Selama tahun yang baru ini, para pekerja media wajib mengurangi lagi rumor-rumor di opini umum internasional. Pepatah Eropa berkata: orang yang adil, sahabatnya pun banyak. Pada tahun yang baru ini, China Media Group akan terus melaksanakan tanggung jawab media internasional arus utama, berpegang pada pendirian objektif dan adil, menyiarkan kenyataan, suara adil, dan keindahan peradaban kepada seluruh dunia.

Tahun 2021 adalah genap 100 tahun berdirinya Partai Komunis Tiongkok. Mulai dari awalnya cuma 13 orang pendiri partai pada 100 tahun lalu, sampai sekarang anggota partai sudah berjumlah 90 juta lebih, dan dengan sukses memimpin Tiongkok bangkit damai, apa kode sukses Partai Komunis Tiongkok? Bagaimana sejumlah 1,4 miliar rakyat Tiongkok mendukung partai politik yang berulang tahun ke-100? Ini adalah salah satu titik berat laporan warta berita kami kepada Anda tahun ini. Kami akan menjunjung semangat profesional, melaporkan Tiongkok dan dunia secara komprehensif dan objektif, dan menyajikan lebih banyak acara-acara yang menarik kepada Anda!

Mudah-mudahan Tahun Sapi Tiongkok akan membawa keuntungan kepada Anda, dan sekali lagi selamat Tahun Baru!

Shen Haixiong, Direktur China Media Group (CMG)

(prf/ega)