DetikNews
Kolom
Follow detikcom fb share fb share fb share fb share
Jadilah bagian dari Kolomnis detikcom
Kirimkan tulisan Anda seputar opini, gagasan, sudut pandang, dan peristiwa yang terjadi disekitar Anda. Dapatkan poin dan dapatkan kesempatan untuk menjadi bagian dari Kolomnis detikcom.
Negeri yang Tersandera Teks
Kolom

Negeri yang Tersandera Teks

Kamis 20 September 2018, 14:21 WIB Semangat PKPU yang melarang eks koruptor nyaleg sejalan dengan agenda pencegahan korupsi. Namun, karena "melanggar teks" maka semangat itu tak berarti apapun.
  • Agenda Pencegahan Korupsi yang Tertunda
    Kolom

    Agenda Pencegahan Korupsi yang Tertunda

    Kamis 20 September 2018, 13:46 WIB Kita tidak boleh terlalu lama dirundung kesedihan atas putusan MA yang membatalkan larangan eks napi korupsi nyaleg. Masih ada harapan dan banyak upaya lain.
  • Ulama dan Politik Label
    Kolom

    Ulama dan Politik Label

    Kamis 20 September 2018, 12:42 WIB Label ulama boleh saja disematkan kepada seseorang. Masyarakat yang akan menilai keulamaan orang itu. Sebab, pada dasarnya ulama adalah produk umat.
  • Prabowo dan The Invisible Power
    Kolom

    Prabowo dan 'The Invisible Power'

    Kamis 20 September 2018, 11:55 WIB Proses demokrasi di Indonesia beberapa waktu terakhir ini sangat mencerminkan kekuasaan yang tidak terlihat (invisible power).
  • Mereken Rupiah di Negeri Sendiri
    Kolom

    Mereken Rupiah di Negeri Sendiri

    Rabu 19 September 2018, 15:19 WIB Uang elektronik adalah cara termudah untuk bertransaksi. Tetapi, harus terkontrol agar tidak memicu inflasi dan memperberat defisit transaksi berjalan.
  • PKPU dan Sanksi Moral Mantan Koruptor
    Mimbar Mahasiswa

    PKPU dan Sanksi Moral Mantan Koruptor

    Rabu 19 September 2018, 14:20 WIB Putusan MA menganulir PKPU larangan eks napi korupsi nyaleg sama saja membuka peluang bagi para koruptor untuk menjalankan praktik yang sama di kemudian hari.
  • Memupuk Keberanian KPU Pasca Putusan MA
    Kolom

    Memupuk Keberanian KPU Pasca Putusan MA

    Rabu 19 September 2018, 12:34 WIB Pasca putusan MA yang menganulir pelarangan mantan napi korupsi nyaleg, bola kini kembali kepada KPU apakah berani mengambil langkah radikal.
  • Putusan MA atas Peraturan KPU
    Kolom

    Putusan MA atas Peraturan KPU

    Rabu 19 September 2018, 12:05 WIB MA akhirnya memutuskan pengujian Peraturan KPU yang melarang mantan narapidana korupsi untuk menjadi calon legislatif. Menyisakan sejumlah persoalan.
  • Hukum, Perdamaian, dan Kesalahpahaman
    Sentilan Iqbal Aji Daryono

    Hukum, Perdamaian, dan Kesalahpahaman

    Selasa 18 September 2018, 15:38 WIB Semboyan "Indonesia negara hukum" lama-lama menjadi jargon. Setiap masalah mau tak mau harus diselesaikan secara hukum. Kata "damai" pun lambat-laun jadi hina.
  • Menjaga Hak Pilih di Seluruh Negeri
    Kolom

    Menjaga Hak Pilih di Seluruh Negeri

    Selasa 18 September 2018, 12:28 WIB Upaya perbaikan daftar pemilih dalam menjaga hak pilih pada Pemilu 2019 harus dilakukan secara optimal. Ini sudah menjadi tugas dan kebutuhan bersama.
  • Altruisme Politik Perempuan
    Kolom

    Altruisme Politik Perempuan

    Selasa 18 September 2018, 11:32 WIB Akomodasi perempuan dalam politik pencalegan bukan sekadar tren kesempatan struktural politik, namun kehendak sejarah konstruktivitas demokrasi.