DetikNews
Kolom
Follow detikcom fb share fb share linked share fb share
Jadilah bagian dari Kolomnis detikcom
Kirimkan tulisan Anda seputar opini, gagasan, sudut pandang, dan peristiwa yang terjadi disekitar Anda. Dapatkan poin dan dapatkan kesempatan untuk menjadi bagian dari Kolomnis detikcom.
Manuver Solusi Satu Negara Israel
Analisis Zuhairi Misrawi

Manuver "Solusi Satu Negara" Israel

Kamis 17 Januari 2019, 16:03 WIB Solusi satu negara yang diambil Israel dan disokong sepenuhnya oleh AS akan menjadi bola liar pada masa mendatang.
  • (Jangan) Tersihir Debat
    Kolom

    (Jangan) Tersihir Debat

    Kamis 17 Januari 2019, 15:53 WIB Debat kandidat pilpres berpotensi menjadi sihir politik yang akan membuat rakyat terpesona. Rakyat perlu tetap bersikap cermat secara rasional.
  • Menakar Pengaruh Debat Capres
    Kolom

    Menakar Pengaruh Debat Capres

    Kamis 17 Januari 2019, 15:24 WIB Benarkah debat capres bisa menjadi media untuk meyakinkan dan menarik hati pemilih yang masih "abu-abu"?
  • Antara Debat Capres dan Perjanjian Renville
    Kolom

    Antara Debat Capres dan Perjanjian Renville

    Kamis 17 Januari 2019, 11:53 WIB Entah kebetulan atau sudah didesain oleh KPU, penetapan debat capres pertama hari ini memiliki arti lain yang mendalam bagi hamparan sejarah bangsa Indonesia.
  • Tema Pelanggaran HAM dalam Debat Capres 2019
    Kolom

    Tema Pelanggaran HAM dalam Debat Capres 2019

    Kamis 17 Januari 2019, 11:04 WIB Konstituen harus memahami utuh konsep normatif HAM dalam substansi yang sebenarnya. Tidak sebatas soal penyelesaian kasus pelanggaran HAM berat.
  • Menghapus Perkawinan Anak
    Kolom

    Menghapus Perkawinan Anak

    Rabu 16 Januari 2019, 13:58 WIB Meski patut diapresiasi, namun putusan MK terhadap Pasal 7 ayat (1) Undang-Undang tentang Perkawinan ternyata masih menyisakan sekelumit masalah.
  • Menaikkan Batas Minimal Usia Menikah
    Kolom

    Menaikkan Batas Minimal Usia Menikah

    Rabu 16 Januari 2019, 13:41 WIB Mahkamah Konstitusi memutuskan bahwa ketentuan yang menyatakan usia anak perempuan 16 tahun dibolehkan menikah dinyatakan inkonstitusional.
  • Salah Baca Literasi Kita
    Kolom

    Salah Baca Literasi Kita

    Rabu 16 Januari 2019, 11:31 WIB Minat baca masyarakat sebenarnya tinggi. Tapi, akses pada buku yang bermutu sangat rendah. Jika akses itu diperbaiki, minat baca akan dengan sendiri meninggi.
  • Memutus Ingatan dari Warisan Budaya
    Kolom

    Memutus Ingatan dari Warisan Budaya

    Rabu 16 Januari 2019, 10:47 WIB Razia buku adalah awal dari penghancuran peradaban manusia. Di Indonesia, razia dan pelarangan buku terjadi hampir di setiap rezim yang berkuasa.
  • Razia Buku Memenjarakan Nalar Intelektual
    Mimbar Mahasiswa

    Razia Buku Memenjarakan Nalar Intelektual

    Rabu 16 Januari 2019, 09:59 WIB Razia buku merupakan suatu tindakan pembodohan karena telah membatasi kemerdekaan masyarakat dalam berpikir melalui membaca.