DetikNews
Kolom
Follow detikcom fb share fb share linked share fb share
Jadilah bagian dari Kolomnis detikcom
Kirimkan tulisan Anda seputar opini, gagasan, sudut pandang, dan peristiwa yang terjadi disekitar Anda. Dapatkan poin dan dapatkan kesempatan untuk menjadi bagian dari Kolomnis detikcom.
Razia Buku Memenjarakan Nalar Intelektual
Mimbar Mahasiswa

Razia Buku Memenjarakan Nalar Intelektual

Rabu 16 Januari 2019, 09:59 WIB Razia buku merupakan suatu tindakan pembodohan karena telah membatasi kemerdekaan masyarakat dalam berpikir melalui membaca.
  • Menolak Teror Politik
    Kolom

    Menolak Teror Politik

    Selasa 15 Januari 2019, 16:04 WIB Seharusnya, politik di ranah demokrasi berlangsung damai dan nyaman bagi semua pihak. Tapi, bisa berubah menjadi menakutkan bagi pihak-pihak tertentu.
  • PDF Buku Bajakan Lebih Jahat Ketimbang Razia
    Sentilan Iqbal Aji Daryono

    PDF Buku Bajakan Lebih Jahat Ketimbang Razia

    Selasa 15 Januari 2019, 15:12 WIB Kita memang lebih suka reaktif merespons razia buku. Kita tak sadar bahwa penyebaran PDF buku gratisan lebih menyeramkan daripada razia.
  • Sporadisme Produk Non Jurnalisme
    Kolom

    Sporadisme Produk Non Jurnalisme

    Selasa 15 Januari 2019, 12:33 WIB Sebagian konflik di wilayah publik adalah keributan yang diperkuat oleh internet dan media sosial.
  • Pemilu dan Peradaban Kita
    Kolom

    Pemilu dan Peradaban Kita

    Selasa 15 Januari 2019, 12:03 WIB Ada dua persoalan besar yang akan menguji kontestasi pemilu sebagai episode peradaban. Yaitu hoaks dan ujaran kebencian.
  • Capres Fiktif dan Parodi Politik
    Kolom

    Capres Fiktif dan Parodi Politik

    Senin 14 Januari 2019, 14:59 WIB Pasangan "capres" Nurhadi-Aldo hadir ketika politik kita kehilangan salah satu elemen pentingnya, yakni unsur kelucuan (sense of humor).
  • DILDO dan Massa yang Lelah
    Kolom

    'DILDO' dan Massa yang Lelah

    Senin 14 Januari 2019, 14:42 WIB Munculnya pasangan capres parodi 'DILDO' (Nurhadi-Aldo), kalau kita serius mendalaminya, merupakan jawaban atas sejumlah kealpaan.
  • Nurhadi-Aldo Pemecah Kantong Algoritma Politik
    Kolom

    Nurhadi-Aldo Pemecah Kantong Algoritma Politik

    Senin 14 Januari 2019, 11:53 WIB Kehadiran "Nurhadi-Aldo" merupakan jalan ketiga dari politik Indonesia, sekaligus memungkinkan untuk memecah kantong algoritma politik "cebong-kampret".
  • Heboh Tiket Penerbangan Domestik Nan Rumit
    Catatan Agus Pambagio

    Heboh Tiket Penerbangan Domestik Nan Rumit

    Senin 14 Januari 2019, 10:46 WIB Kementerian Perhubungan tidak komunikatif menjelaskan kepada publik ketika isu tiket pesawat dan bagasi berbayar merebak.
  • Teknologi, Ekonomi Baru, dan Tenaga Kerja
    Kolom Kang Hasan

    Teknologi, Ekonomi Baru, dan Tenaga Kerja

    Senin 14 Januari 2019, 09:57 WIB Dunia sedang berubah dengan cepat. Yang bisa bertahan adalah yang bisa berubah sesuai perkembangan itu. Yang tidak bisa akan tersingkir.
  • Untuk Tahun-Tahun yang Telah Berlalu
    Jeda

    Untuk Tahun-Tahun yang Telah Berlalu

    Minggu 13 Januari 2019, 11:27 WIB "Aku menjual buku seperti obat," kata Monsieur Perdu, 50 tahun, pria eksentrik yang menjual buku di atas kapal yang tertambat di Sungai Seine, Paris.