DetikNews
Kolom
Follow detikcom fb share fb share linked share fb share
Jadilah bagian dari Kolomnis detikcom
Kirimkan tulisan Anda seputar opini, gagasan, sudut pandang, dan peristiwa yang terjadi disekitar Anda. Dapatkan poin dan dapatkan kesempatan untuk menjadi bagian dari Kolomnis detikcom.
Membersihkan Politik dengan Sastra
Pustaka

Membersihkan Politik dengan Sastra

Sabtu 19 Januari 2019, 11:15 WIB Politik pada senyatanya tidak mengenal ampun dan sungguh serius. Kita sudah disodori realitas politik yang begitu menegangkan.
  • Debat Pilpres dan Teater Politik
    Kolom

    Debat Pilpres dan Teater Politik

    Jumat 18 Januari 2019, 16:33 WIB Ada keterbatasan prosedural, keharusan protokoler, hingga etika bahasa dalam debat pilpres. Dengan kata lain, debat bukan resep bagi pengukuran mutu kandidat.
  • Menilai Keunggulan Paslon dalam Debat
    Kolom

    Menilai Keunggulan Paslon dalam Debat

    Jumat 18 Januari 2019, 16:19 WIB Dalam debat, tidak ada paramater yang jelas sehingga penilaiannya bersifat subjektif. Meski demikian, kita perlu melihat lebih jernih plus-minus paslon.
  • Sepuluh Tahun Merayakan Diri Sendiri
    Kolom Kalis

    Sepuluh Tahun Merayakan Diri Sendiri

    Jumat 18 Januari 2019, 15:38 WIB Manusia tertawa sebab ia masih mampu bertahan menjalankan 24 jam per hari yang ia miliki dikalikan masa sepuluh tahun yang panjang.
  • Debat yang Nanggung
    Kolom

    Debat yang Nanggung

    Jumat 18 Januari 2019, 10:22 WIB Saling serang dalam debat capres-cawapres tidak perlu dikhawatirkan, baik oleh kedua kubu paslon dan para pendukungnya maupun penyelenggara.
  • Kerja Ideologis dan Teknokratis
    Kolom

    Kerja Ideologis dan Teknokratis

    Jumat 18 Januari 2019, 08:54 WIB Sejak 2015 kita menjumpai era baru standar pembangunan ekonomi. Pertumbuhan ekonomi diikuti dengan penurunan kemiskinan, pengangguran, dan ketimpangan.

  • Manuver Solusi Satu Negara Israel
    Analisis Zuhairi Misrawi

    Manuver "Solusi Satu Negara" Israel

    Kamis 17 Januari 2019, 16:03 WIB Solusi satu negara yang diambil Israel dan disokong sepenuhnya oleh AS akan menjadi bola liar pada masa mendatang.
  • (Jangan) Tersihir Debat
    Kolom

    (Jangan) Tersihir Debat

    Kamis 17 Januari 2019, 15:53 WIB Debat kandidat pilpres berpotensi menjadi sihir politik yang akan membuat rakyat terpesona. Rakyat perlu tetap bersikap cermat secara rasional.
  • Menakar Pengaruh Debat Capres
    Kolom

    Menakar Pengaruh Debat Capres

    Kamis 17 Januari 2019, 15:24 WIB Benarkah debat capres bisa menjadi media untuk meyakinkan dan menarik hati pemilih yang masih "abu-abu"?
  • Antara Debat Capres dan Perjanjian Renville
    Kolom

    Antara Debat Capres dan Perjanjian Renville

    Kamis 17 Januari 2019, 11:53 WIB Entah kebetulan atau sudah didesain oleh KPU, penetapan debat capres pertama hari ini memiliki arti lain yang mendalam bagi hamparan sejarah bangsa Indonesia.
  • Tema Pelanggaran HAM dalam Debat Capres 2019
    Kolom

    Tema Pelanggaran HAM dalam Debat Capres 2019

    Kamis 17 Januari 2019, 11:04 WIB Konstituen harus memahami utuh konsep normatif HAM dalam substansi yang sebenarnya. Tidak sebatas soal penyelesaian kasus pelanggaran HAM berat.