DetikNews
Kolom
Follow detikcom fb share fb share fb share fb share
Jadilah bagian dari Kolomnis detikcom
Kirimkan tulisan Anda seputar opini, gagasan, sudut pandang, dan peristiwa yang terjadi disekitar Anda. Dapatkan poin dan dapatkan kesempatan untuk menjadi bagian dari Kolomnis detikcom.
Arafah, Haji, dan Kemanusiaan Kita
Kolom

Arafah, Haji, dan Kemanusiaan Kita

Senin 20 Agustus 2018, 14:38 WIB Arafah itu adalah puncak haji. Memaknai Arafah bukan sekadar sebuah tempat belaka. Perlu memahami secara filosofis di balik makna terdalam dari kata ini.
  • Keterwakilan Perempuan dalam Politik
    Kolom

    Keterwakilan Perempuan dalam Politik

    Senin 20 Agustus 2018, 13:18 WIB Kehadiran perempuan di politik lewat keterwakilan di parlemen menjadi syarat mutlak bagi terciptanya kultur pengambilan kebijakan publik yang sensitif gender.
  • Cawapres dan Pemimpin Transformasional
    Kolom

    Cawapres dan Pemimpin Transformasional

    Senin 20 Agustus 2018, 12:26 WIB Penentuan cawapres di kubu Jokowi maupun Prabowo memiliki kesamaan yaitu kuatnya atmosfer deal politik dan pertimbangan elektoral dengan minim substansi.
  • Menguatkan Gerakan Pemantauan pada Pemilu 2019
    Kolom

    Menguatkan Gerakan Pemantauan pada Pemilu 2019

    Senin 20 Agustus 2018, 11:49 WIB Aktivitas memantau pemilu sesungguhnya menyenangkan. Dengan teknologi digital, masyarakat sangat mudah berpartisipasi sebagai pemantau melalui media sosial.
  • Merdeka, Berdikari, dan Berdedikasi
    Kolom Kang Hasan

    Merdeka, Berdikari, dan Berdedikasi

    Senin 20 Agustus 2018, 10:47 WIB Merdeka memang tidak mudah. Ia memerlukan kerja yang berkesinambungan, cerdas, dan penuh dedikasi.
  • Kemerdekaan ke-73 RI dan Pemilihan Capres-Cawapres
    "Common Sense" Ishadi SK

    Kemerdekaan ke-73 RI dan Pemilihan Capres-Cawapres

    Sabtu 18 Agustus 2018, 10:26 WIB HUT Kemerdekaan RI ke-73 tahun ini diperingati dan diramaikan dengan dua kegiatan besar. Yakni, Asian Games XVIII dan Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden.
  • Konstruksi Teks Proklamasi
    Kolom

    Konstruksi Teks Proklamasi

    Jumat 17 Agustus 2018, 15:12 WIB Proklamasi kemerdekaan, menurut Bung Karno, ialah jembatan emas. Mereka yang menyusunnya sadar, pekerjaan mereka menyimpan cela dan belum final.
  • Komitmen Kemerdekaan
    Kolom

    Komitmen Kemerdekaan

    Jumat 17 Agustus 2018, 11:58 WIB Merayakan kemerdekaan Indonesia artinya harus mau mencintai dan menerima Indonesia itu sendiri. Indonesia yang kompleks, dinamis, dan pluralis.
  • Kemerdekaan dan Penguatan Kaum Miskin
    Kolom

    Kemerdekaan dan Penguatan Kaum Miskin

    Jumat 17 Agustus 2018, 11:02 WIB Saat Proklamasi Kemerdekaan dikumandangkan pada 17 Agustus 1945, seluruh anak negeri nyaris memiliki identitas ekonomi yang sama: melarat.