DetikNews
Sabtu 29 Desember 2018, 12:58 WIB

Kenaikan Harga Ayam, Telur dan Cabai di Probllinggo Dikeluhkan

M Rofiq - detikNews
Kenaikan Harga Ayam, Telur dan Cabai di Probllinggo Dikeluhkan Foto: M Rofiq
Probolinggo - Menjelang puncak tahun baru 2019, harga ayam dan telur di Kota Probolinggo, mengalami kenaikan. Kenaikan harga berkisar Rp 2ribu-Rp 7ribu/kg.

Seperti di Pasar Baru Jalan Panglima Sudirman Kota Probolinggo. Harga ayam potong jenis Broiler Rp 38 ribu/kg dari sebelumnya Rp 30 ribu/kg. Harga telur Rp 26 ribu/kg dari sebelumnya Rp 20 ribu/kg.

Salah seorang pedagang ayam potong, Suliati (32) mengaku naiknya harga ayam potong broiler terjadi lantaran permintaannya meroket selama Nataru (Natal dan Tahun Baru). Menurutnya banyak konsumen yang membeli ayam potong, untuk perayaan natal.

"Banyak yang beli ayam potong pak, jadi harganya naik. Kalau stok sendiri, sebenarnya masih tersedia," ungkpanya di lokasi, Sabtu (29/12/2018).

Selain ayam potong dan telur, kenaikan harga yang cukup signifikan juga terjadi pada cabai rawit. Bila sebelumnya Rp 19 ribu/kg kini menjadi Rp 38 ribu/kg.

Adanya kenaikan harga itu pun mulai dikeluhkan para pembeli di pasar. Salah satunya Nurfadila (23). Mahalnya harga ayam dan telur saat ini diharapkan segera turun, karena sangat memberatkan para pembeli.

Apalagi harga cabai rawit juga mahal. "Ya pinginnya harganya turun pak, normal lagi. Cabai ini terutama pak, kalau gak pakai kan gak enak masakannya, tidak rasa pedasnya, "ungkapnya.

Nurfadilah berharap, pemerintah daerah terkait agar melakukan operasi pasar agar harga-harga kembali normal.
(fat/fat)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed