DetikNews
Kamis 11 Oktober 2018, 18:09 WIB

Dua Pencuri Kayu Hutan di Bondowoso Diamankan

Chuk S Widarsha - detikNews
Dua Pencuri Kayu Hutan di Bondowoso Diamankan Foto: Chuk S. Widarsha
Bondowoso - Dua pelaku pembalakan hutan dibekuk polisi Bondowoso. Sementara 2 pelaku lainnya masih dalam pengejaran. Kedua pelaku langsung diamankan berikut barang buktinya.

Kedua pelaku masing-masing yakni, Hadi (34) warga Desa Gunungsari, Maesan dan Abdul Azis (40) warga Desa Sukosari, Tamanan.

Sedangkan barang bukti yang diamankan berupa kayu angsana atau sonokeling sebanyak 8 gelondong, beberapa bilah senjata tajam, gergaji, serta 4 unit sepeda motor. Barang-barang tersebut digunakan dalam menjalankan aksinya.


"Kedua pelaku langsung kami tahan untuk proses pemeriksaan dan pengembangan lebih lanjut. Dua pelaku lainnya masih kami kejar," kata Kapolsek Grujugan, Iptu Iswahyudi, saat dikonfirmasi di kantornya, Kamis (11/10/2018).

Dia menjelaskan terungkapnya kasus tersebut bermula dari informasi masyarakat tentang dugaan pembalakan hutan di lereng Argopuro sisi timur, wilayah Perhutani.

"Kami langsung membentuk tim dan turun ke lapangan melakukan pengintaian. Ternyata benar," imbuh Iswahyudi.


Informasi lain yang berhasil dihimpun, kejadian pembalakan hutan itu terjadi di kawasan hutan milik Perhutani yang terletak di petak 29 G Blok Andung, yang terletak di Desa Sumber Pandan Kecamatan Grujugan, Bondowoso.

Pelaku terancam melanggar UU No 18 Tahun 2013 tentang pencegahan dan pemberantasan kerusakan hutan. Selain terancam kurungan penjara, pelaku juga diancam denda maksimal 500 juta.
(fat/fat)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed