DetikNews
Minggu 24 Juni 2018, 11:25 WIB

Pantau Persiapan Pilkada di Madura, Polisi: Kondusif dan Aman

Hilda Meilisa Rinanda - detikNews
Pantau Persiapan Pilkada di Madura, Polisi: Kondusif dan Aman Foto: istimewa
Sampang - Guna memastikan kesiapan pelaksanaan Pilkada Serentak di wilayah Madura, Kapolda Jatim Irjen Pol Machfud Arifin dan Pangdam V/Brawijaya Mayjen TNI Arif Rahman melakukan pemantauan. Dalam kunjungannya, Machfud berpesan untuk setiap personel kepolisian agar meningkatkan kekuatan dan pengamanan.

Dalam sambutannya, Machfud juga mengatakan guna menciptakan Pilkada yang damai dan kondusif, perlu dukungan dari seluruh komponen. Selain kekuatan Polisi dan TNI untuk mengamankan, perlu juga peran aktif tokoh agama dan masyarakat. Bagi Machfud, perbedaan pilihan merupakan hal yang biasa, namun hal ini tak boleh jadi alasan untuk memecah belah kesatuan.

"Ini perlu komitmen dari tokoh agama dan masyarakat untuk membantu menyampaikan pada saat tanggal 27 Juni datang ke TPS, perbedaan pilihan hal biasa tapi tidak membuat perpecahan kesatuan negara, satu suara menentukan daerahnya selama lima tahun kedepan," terang Machfud dalam sambutannya di Pendopo Bupati Sampang, Sabtu (23/6/2018).


Berkali-kali Machfud mengingatkan, pesta demokrasi ini harusnya menjadi suatu hal yang dinantikan masyarakat dalam memilih pemimpin. Untuk itu, Machfud mengatakan tak pantas rasanya jika ada hal-hal yang dilakukan untuk mengadu domba dan memecah belah. Dirinya ingin, pilkada bisa berlangsung aman hingga ditemukannya pemimpin yang diimpikan.

"Kami ingin pesta rakyat nantinya akan benar-benar kondusif dan berlangsung dengan aman serta lancar hingga penetapan pemenang," ungkapnya.

Sebelumnya, Machfud juga telah mendengarkan pemaparan Kapolres Sampang dan Bangkalan terkait persiapan pengamanan Pilkada di wilayah tersebut. Dalam hal ini, Machfud mengaku di Madura, kondusifitas masih terlihat aman.


Namun menilik dari daerah rawan di Pilkada yang lalu, Machfud mengatakan akan tetap memberikan perhatian dan pengamanan ekstra agar tak terjadi kerusuhan.

"Secara keseluruhan dipastikan aman, namun ada beberapa daerah yang berpotensi rawan kerusuhan jika berkaca pada Pilkada sebelumnya harus mendapatkan pengamanan ekstra," lanjut jenderal bintang dua ini.

Usai mendengarkan pemaparan kesiapan Pilkada, Machfud beserta rombongan bertolak untuk mengecek gudang logistik yang ada di Gedung Olahraga Kabupaten Sampang. Dalam hal ini, Machfud berharap ada peningkatan partisipasi pemilih di wilayah Madura hingga mencapai angka 70%. Hal ini karena angka tersebut menjadi tolak ukur kesuksesan Pilkada yang akan digelar 27 Juni 2018.
(iwd/iwd)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed