DetikNews
Rabu 13 Juni 2018, 22:43 WIB

H-2 Lebaran Puncak Arus Mudik di Stasiun Pasar Turi

Zaenal Effendi - detikNews
H-2 Lebaran Puncak Arus Mudik di Stasiun Pasar Turi Penumpang di Stasiun Pasar Turi (Foto: Hilda Meilisa Rinanda)
Surabaya - Dua hari menjelang lebaran, Stasiun Pasar Turi Surabaya dipadati pemudik. Pemudik mulai berdatangan usai azan Magrib dan bertambah banyak hingga malam hari.

Manajer Humas PT KAI Daop 8 Surabaya Gatut Sutiyatmoko mengatakan dari data penumpang hingga pukul 08.00 WIB, tercatat 6.836 pemudik berangkat lewat Stasiun Pasar Turi. Hal ini berarti sejak H-10 lebaran atau tanggal 5 Juni, stasiun ini telah memberangkatkan total 40.386 pemudik.

"Kalau dari Stasiun Pasar Turi data pagi tadi saja sudah 6.836 pemudik. Yang totalnya dari tanggal 5 sudah 40.386," tambah Gatut ditemui detikcom di Stasiun Pasar Turi Surabaya, Rabu (13/6/2018).


Sementara, untuk jumlah pemudik yang berangkat melalui PT KAI Daop 8 Surabaya tercatat sebanyak 274.741. Jumlah ini naik 1% dibanding tahun lalu yang berkisar 273.086.

"Jadi data pagi ini sudan 274.741 dari tahun lalu 273.086. Ini kemungkinan akan bertambah terus kalau melihat dari kepadatan stasiun," imbuhnya.

Gatut menambahkan, puncak mudik terjadi sejak kemarin, dan semakin bertambah hingga hari ini. Namun, Gatut mengatakan jika memang banyak pemudik yang lebih memilih untuk berangkat saat malam hari.


Kendati banyak yang memilih naik kereta pada malam hari, salah satu pemudik Aisyah Zahra mengatakan lebih senang jika berada di perjalanan malam. Pemudik tujuan Jakarta dengan kereta Kertajaya ini mengaku momen malam hari di perjalanan bisa dia manfaatkan untuk beristirahat.

"Enak mudiknya kalau malam, kan bisa tidur di kereta, paginya bisa langsung aktivitas," tambahnya.
(ze/iwd)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed