DetikNews
Jumat 04 Mei 2018, 14:47 WIB

Bangganya Saat Reog Ponorogo Diundang Tampil di Jepang

Charolin Pebrianti - detikNews
Bangganya Saat Reog Ponorogo Diundang Tampil di Jepang Reog Ponorogo tampil dalam sebuah festival di Jepang. (Foto: Istimewa)
Ponorogo - Untuk memperingati 60 tahun hubungan diplomatik antara Indonesia dan Jepang, reog khas Ponorogo diundang tampil di Negeri Sakura.

Kesenian tradisional yang sempat diakui oleh negara lain ini tampil dalam dua festival, yaitu Hiroshima Flower Show Festival dan Hakata Dontaku Festival di Fukuoka.

"Reog kami diundang oleh Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Jepang," tutur Plt Kepala Dinas Pariwisata, Sapto Djatmiko kepada detikcom, Jumat (4/5/2018).


Sapto menambahkan, ini adalah untuk pertama kalinya reog Ponorogo diundang tampil di Jepang. Total ada 40 orang yang berangkat ke Jepang sebagai perwakilan, termasuk di antaranya seniman reog asli Ponorogo.

"Ada 40 orang untuk tampil khusus Jepang ini," terang Sapto.

Bangganya Saat Reog Ponorogo Diundang Tampil di JepangFoto: Istimewa

Rombongan ini berangkat pada tanggal 30 April lalu dan akan kembali ke tanah air pada tanggal 8 Mei mendatang.

Sementara itu, Bupati Ponorogo, Ipong Muchlissoni mengaku bangga dengan undangan ini. "Diundangnya sudah empat bulan lalu, mereka ini orang pilihan," ungkap Ipong.


Tak hanya bangga, Ipong juga terkesan dengan apresiasi peserta festival. "Bahkan saat kami menampilkan reog diapresiasi langsung oleh Wali Kota Fukuoka, katanya unik dan atraktif. Nanti beliau juga akan mengajak masyarakat Fukuoka untuk berkunjung ke Ponorogo," tambahnya.

Ipong pun mengaku ikut tampil dengan mengenakan baju penadon (baju warok, red). "Sengaja saya tampil, ikut memeriahkan dan memperkenalkan reog ke kancah internasional," imbuhnya.

Ditambahkan Ipong, selain Ponorogo, Indonesia juga mengirimkan delegasi kesenian dari kota lain, yaitu Palembang.
(lll/lll)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed