DetikNews
Rabu 04 April 2018, 11:12 WIB

Tinjau Tol Jelang Lebaran, Kakorlantas: Tambah Kamera Pemantau Kecepatan

Hilda Meilisa Rinanda - detikNews
Tinjau Tol Jelang Lebaran, Kakorlantas: Tambah Kamera Pemantau Kecepatan Foto: Hilda Meilisa Rinanda
Surabaya - Hari ini, Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri Irjen Pol Royke Lumowa meninjau kesiapan jalan tol di Jawa Timur menjelang mudik Lebaran 2018.

Rute yang diambil adalah dari Surabaya hingga tol Ngawi-Wilangan yang baru saja diresmikan Presiden Jokowi beberapa waktu lalu.

Saat berhenti di rest area KM 695 Tol Jombang-Mojokerto (Jomo), tepatya di Kedungmelati, Kesamben, Jombang, Royke menerima laporan jika 95 persen kecelakaan yang terjadi selama di tol merupakan kecelakaan tunggal.

Kecelakaan tunggal ini rata-rata terjadi karena overspeed atau pengendara berkecepatan tinggi. Hal ini lantaran kondisi tol yang masih mulus dengan jalanan yang sepi membuat pengendara tidak menyadari jika kecepatannya sudah di atas rata-rata.

"Jadi kami akan menambah kamera pemantau kecepatan yang bisa menekan kecelakaan karena overspeed," ujar Royke saat meninjau rest area Tol Jomo, Kesamben, Jombang, Rabu (4/4/2018).

Sementara itu, di rest area, Royke mengatakan infrastruktur yang telah disediakan cukup baik. Begitu juga dengan fasilitas di jalan tol seperti rambu-rambu lalu lintas dianggap telah memadai.

"Infrastruktur sudah cukup baik, operasional sampai dengan penggal rest area 695 ini masih baik," tambah Royke.

Royke dan rombongan akan melanjutkan perjalanan meninjau jembatan Kunto yang diharapkan akan segera jadi. "Semoga H-10 lebaran bisa dioperasikan," harap Royke.
(lll/lll)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed