DetikNews
Selasa 20 Februari 2018, 20:45 WIB

Warga Probolinggo Tangkap Ular Sanca Sepanjang 5 Meter

M Rofiq - detikNews
Warga Probolinggo Tangkap Ular Sanca Sepanjang 5 Meter Ular sanca yang ditangkap warga dikandangkan (Foto: M Rofiq)
Probolinggo - Seekor ular sanca ditangkap warga Probolinggo. Ular besar sepanjang 5 meter ini ditangkap setelah selama tiga minggu keberadaannya dipantau warga.

Ular seberat 20 kilogram itu ditangkap warga di aliran sungai di sekitar permukiman warga di Jalan Pahlawan, Kelurahan Kebonsari Kulon, Kecamatan Kanigaran, Kota Probolinggo, Jawa Timur. Penangakapan dilakukan pada senin (19/02/2018) malam.

"Ketika itu saya hendak ke sungai. Saya melihat ular itu, lalu memanggil warga," kata Yusdiono, warga yang melihat ular itu pertama kali, Selasa (20/2/2018).

Saat itu ada enam warga yang mengikuti ke mana ular itu bergerak. Dan setelah melakukan pengepungan, ular bersisik motif kembang itu dapat ditangkap. "Kami menangkapnya dengan hari-hati karena dua minggu lalu ular ini sudah kami tangkap tapi berhasil kabur," kata Yusdiono.

Yusdiono menambahkan, ular ini memang harus ditangkap karena dikhawatirkan meresahkan warga. Di sekitar lokasi ular itu hidup, terdapat banyak anak-anak keci bermain, khususnya ke sungai.

"Apalagi ular sanca itu ukurannya besar," lanjut Yusdiono.

Warga, kata Yusdiono, tidak keberatan jika ular sanca itu ditaruh di Taman Wisata Study Lingkungan (TWSL). "Namun sebelum ular itu dikandangkan di TWSL, warga meminta uang ganti rugi, sebab menangkap ular itu mengeluarkan tenaga ektra," pungkasnya.
(iwd/iwd)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed