DetikNews
Rabu 15 November 2017, 13:27 WIB

Tim Cyber Patrol Polda Jatim Awasi Medsos Saat Pilkada 2018

Rois Jajeli - detikNews
Tim Cyber Patrol Polda Jatim Awasi Medsos Saat Pilkada 2018 Foto: Rois Jajeli
Surabaya - Polda Jawa Timur akan menurunkan pasukan 'khusus' saat Pilkada serentak 2018. Tim Cyber Patrol ini khusus diturunkan untuk memantau pergerakan di dunia maya dan media sosial.

"Ada tambahan khusus lagi (pasukan Cyber Patrol) pada saat pilkada," kata Kapolda Jawa Timur Irjen Pol Machfud Arifin kepada wartawan usai acara Pertemuan kapolda dengan masyarakat dunia maya (netizen) di Hotel Wyndham, Surabaya, Rabu (14/11/2017).

Machfud mengatakan, sehari-hari di Polda Jatim ada petugas yang tergabung dalam Cyber Patrol, untuk mengawasi pergerakan di sosial media atau dunia maya.

"Dalam kesehariannya, kita sudah melakukan itu (cyber patrol). Tugasnya tidak hanya pada saat pilkada saja, tapi sehari-hari sudah punya cyber patrol," tuturnya.

Kapolda kelahiran Kota Surabaya ini mengatakan, keaktifan petugas Cyber Patrol Polda Jatim mendapatkan apresiasi dari Mabes Polri.

"Bahkan (Cyber Patrol Polda Jatim) juga banyak membantu tempat-tempat lain (kepolisian di wilayah lain), memanfaatkan punyanya Polda Jawa Timur," ujarnya.

Mantan Kadiv IT Mabes Polri ini menambahkan, ketiga ada kegiatan khusus seperti pemilihan kepala daerah kabupaten dan kota maupun Pilgub Jatim yang digelar serentak di 18 daerah pada tahun 2018, tim cyber patrol Polda Jatim meningkatkan pemantauan di dunia cyber.

Meski mereka tidak tergabung dalam penegak hukum terpadu (Gakkumdu)-aparat yang menangani perkara pemilihan kepala daerah, mereka tetap berkoordinasi.

"Terpisah (pasukan Cyber Patrol), tetapi ada korelasinya. Kalau ada ranah yang menyangkut dalam kewenangannya Gakkumdu, maka diserahkan ke Gakkumdu," jelasnya.
(bdh/bdh)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed