DetikNews
Kamis 14 September 2017, 07:23 WIB

Tarif Sewa Murah, Rusunawa Grudo Ini Dikenal Bersih Nan Asri

Michelle Alda - detikNews
Tarif Sewa Murah, Rusunawa Grudo Ini Dikenal Bersih Nan Asri Rusunawa Grudo Surabaya/Foto: Michelle Alda
Surabaya - Jika kebanyakan rumah susun (Rusun) identik dengan hunian murah, kotor dan kumuh, lain halnya dengan Rusunawa Grudo, Surabaya. Rusun dengan lima lantai ini terlihat bersih dan asri.

Selain itu, harga sewa Rusunawa Grudo cukup terjangkau, yakni Rp 36-80 ribu sesuai dengan lantainya. Itu harga sewa tertinggi untuk kamar di lantai pertama.

"Semakin atas lantainya semakin murah, soalnya kalau semakin atas kan semakin capek karena naik tangga," kata Sandy Septian (30), petugas keamanan di Rusunawa Grudo kepada detikcom di Rusunawa Grugo, Kamis (14/9/2017).

Hanya saja, lanjut Sandy, tidak semua orang boleh menyewa rusun di lantai pertama. Menurut dia, hunian di lantai paling bawah itu dikhususkan bagi penyandang cacat dan lansia.
Rusunawa Grugo/Rusunawa Grudo/ Foto: Michelle Alda

"Kan kasihan, kalau tinggal di atas, mereka mesti naik tangga," ujarnya.

Para penghuni rusunawa Grudo mengakui terjangkaunya harga sewa rusun. Seperti yang diutarakan Tri Ratna Widhi (30) penghuni lantai 2. Menurut dia, harga sewa rusun lebih murah dan nyaman dibandingkan kost.

"Sewanya saya bayar Rp 72 ribu, lalu listrik saya biasa bayar Rp 100 ribu dan air bayar Rp 30 ribu. Daripada saya ngekost lebih murah, ya saya tinggal di sini," ungkapnya.

Selain murah dan nyaman, para penghuni Rusunawa Grudo juga ramah dan guyub. Setiap bulan warga membayar iuran Rp 5 ribu untuk dana sosial.

"Dananya ini akan diberikan untuk warga Rusun yang terkena musibah. Di sini warganya solid," tandas Ratna.
(fat/fat)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed