DetikNews
Senin 19 Juni 2017, 20:45 WIB

Tim Satgas Murai Macan, Pengurai Kemacetan Saat Mudik di Bayuwangi

Ardian Fanani - detikNews
Tim Satgas Murai Macan, Pengurai Kemacetan Saat Mudik di Bayuwangi Foto: Ardian Fanani
Banyuwangi - Menjelang arus mudik Lebaran 2017, inovasi dilakukan Polres Banyuwangi. Guna memastikan arus mudik berjalan aman dan lancar, mereka membentuk Tim Urai Kemacetan dan Antisipasi Kecelakaan (Murai Macan).

"Tim akan langsung datang di lokasi kemacetan, kecelakaan atau kepadatan, terutama di sekitar Pelabuhan Ketapang dan pegunungan Gumitir," kata Kapolres Banyuwangi AKBP Agus Yulianto, usai memimpin gelar pasukan Operasi Ramadniya 2017 di Parkir Pelabuhan ASDP Ketapang, Senin (19/6/2017).

Tim terdiri dari 20 orang anggota. Tiap shift ini akan standby 24 jam di sejumlah titik kemacetan di Bumi Blambangan.

Selain penempatan pasukan, tambah Kapolres Agus, pengamanan arus mudik juga dilakukan Polres Banyuwangi dengan sistem digital.

Disini, mereka memantau menggunakan kamera CCTV yang telah dikoneksikan dengan Dinas Perhubungan (Dishub), Kominfo, pelabuhan ASDP Ketapang serta instansi terkait. Pola baru ini dipastikan akan mempercepat informasi, sehingga mempermudah langkah pencegahan.

"Lokasinya nanti di Pelabuhan Ketapang, ada di lantai 3, disitu kita bisa dengan mudah memantau arus mudik Ketapang-Gilimanuk," tambahnya.

Sementara itu, dalam operasi Ramadniya 2017 kekuatan personel yang dikerahkan sekitar 900 lebih. Mereka terdiri dari personel dari kepolisian, TNI, Dishub dan petugas kesehatan.
(bdh/bdh)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed