DetikNews
Senin 19 Juni 2017, 18:44 WIB

Kapolda: Tol Fungsional Mudik Lebaran Kurangi Beban Macet 30 Persen

Rois Jajeli - detikNews
Kapolda: Tol Fungsional Mudik Lebaran Kurangi Beban Macet 30 Persen Foto: Rois Jajeli
Surabaya - Kapolda Jawa Timur Irjen Pol Machfud Arifin menilai, kehadiran tol trans Jawa yang sementara ini difungsikan sebagai tol fungsional arus mudik lebaran, dinilai sangat tepat.

Kapolda memperkirakan, kehadiran tol fungsional dan operasional dari Surabaya sampai Ngawi, akan mengurangi beban kemacetan sekitar 30 persen.

"Saya mengucapkan terima kasih kepada Jasa marga, yang waktunya pas bisa dilintasi pemudik. Paling nggak bisa mengurangi beban sekitar 30 persen kemacetan, terutama daerah Mengkreng yang setiap tahunnya menjadi momok (menakutkan)," kata Kapolda Jatim Irjen Pol Machfud Arifin saat meninjau tol fungsional dari Waru hingga Krian, Senin (19/6/2017).

Kapolda menambahkan, jemnbatan sementara sudah dibangun yakni Jembatan Bailey di atas Sungai Brantas, sehingga sudah terhubungkan sampai ke Kertosono.

"Ini (penyambungan jembatan) yang sangat meringankan kita dan mempermudah warga mudik. Tentunya, tidak semua (ruas tol fungsional) berfungsi baik. Perlu kewaspadaan, kehati-hatian, dan pastikan bahan bakar minyak (BBM) kendaraan full tank, karena nggak ada SPBU," jelasnya.

Machfud menambahkan, yang perlu diwaspadai di titik kemacetan yakni jalur masuk dan keluar tol fungsional. Polda Jatim bersama dengan petugas Jasa Marga, diminta selalu standby di titik tersebut, untuk mengatur dan memecah jika terjadi kemacetan.

Sedangkan di sepanjang ruas jalan tol fungsional yang dinilai rawan kecelakaan, juga akan ditempatkan personel dari kepolisian dan Jasa Marga.

"Anggota pasti dilibatkan ditempat-tempat yang analisanya rawan. Anggota akan bergantian standby disana," tandasnya.
(roi/bdh)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed