DetikNews
Sabtu 21 September 2013, 00:23 WIB

Rektor ITS: Mobil Murah Kikis Mimpi Mobnas

- detikNews
Rektor ITS: Mobil Murah Kikis Mimpi Mobnas Inilah mobil listrik karya mahaiswa ITS/Reynita C
Jakarta - Program pemerintah mengeluarkan kebijakan mobil murah (LCGC) disesalkan rektor ITS. Sebab, program mobil murah telah mengikis mimpi anak didiknya untuk merakit mobil nasional (mobnas).

\\\"Kawan-kawan di kampus ini sedikit kecewa terhadap kebijakan LCGC. Ini tentu akan menghentikan impian mobnas. Semakin jauh dari cita-cita,\\\" kata Tri usai menemani tim ITS memamerkan mobil listrik EC-ITS II di halaman gedung rektorat, Jumat (20\/9\/2013).

Kalau semua dari impor, lanjut Tri, maka upaya anak bangsa untuk unjuk kebolehan merakit mobil sendiri akan terganjal. Ia berharap semua bisa dirakit di Indonesia.

\\\"Kami riset ini untuk batere, riset charge, riset motor, dan sebagainya. Kami berharap kan smua itu bs dibuat di Indonesia,\\\" katanya.

Peluncuran mobil EC-ITS II sendiri dikatakan Tri, merupakan salah satu usaha pembuktian kreatifitas anak bangsa.

\\\"Ini salah usaha untuk membuktikan upaya kalau kita bisa. Kita tunjukkan ke dunia,\\\" tegas Tri.

Selanjutnya tinggal menunggu upaya pemerintah dalam skala produksi untuk mewujudkan rancangan-rancangan mobnas tersebut.

\\\"Kami siap merancang. Rancangan sudah jadi, tinggal bagaimana pemerintah dan sektor industri mengembangkan ini semua. Kalau ITS yang produksi kan nggak mungkin,\\\" terang Tri.

Rektor ITS ini menambahkan, dari 5 perguruan tinggi negeri yang dibiayai oleh pemerintah untuk merancang prototype mobil-mobil nasional, ITS yang pertam.





(bdh/bdh)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed