DetikNews
Sabtu 12 Januari 2019, 23:02 WIB

Siapa Iwan Walet yang Terlibat Kerusuhan Rutan Solo?

Angling Adhitya Purbaya - detikNews
Siapa Iwan Walet yang Terlibat Kerusuhan Rutan Solo? Foto: Angling Adhitya Purbaya/detikcom
Semarang - Nama Koes Setiawan Danang Mawardi alias Iwan Walet kembali muncul sejak kerusuhan di Rutan Klas I Surakarta hari Kamis (10/1) lalu. Iwan bukan pertama kali dibui dalam kasus pengeroyokan.

Iwan Walet mulai dikenal luas ketika ada kasus bentrok antar warga di Gandekan, Solo tahun 2012. Dalam dakwaan kasusnya, Iwan Walet dan rekannya, Mardi Sugeng alias Gembor disebut menganiaya warga bernama Dwi Pamuji pada 3 Mei 2012. Peristiwa itu menyulut bentrok antar kelompok sehari setelahnya.

Keduanya mengakui perbuatannya kepada hakim. Menurut Iwan saat itu ia melakukan penganiayaan karena dendam pernah dipukul seseorang. Sedangkan Gembor mengaku hanya ikut-ikutan. Persidangan yang tadinya digelar di Pengadilan Negeri (PN) Surakarta dipindah ke Pegadilan Negeri (PN) Semarang dengan alasan keamanan.


Di Semarang, sidang Iwan Walet juga dijaga ketata kepolisian.

Iwan dan Gembor divonis 1 tahun 3 bulan penjara dengan jeratan Pasal 170 ayat 1 KUHP tentang pengeroyokan.

Sidang vonis di PN Semarang pun sempat tegang setelah hakim membacakan putusan. Kelompok Iwan bersitegang dengan beberapa orang dari FPI yang datang hingga polisi turun tangan.


Kerusuhan di Rutan Klas 1 Surakarta ternyata melibatkan Iwan Walet di sana. Iwan ternyata kembali dibui dalam kasus penganiayaan yang terjadi pertengahan tahun 2018. Ia divonis 5 bulan 15 hari.

Pasca kerusuhan di Rutan Surakarta, 12 napi dan tahanan dipindah ke Sragen, Wonogiri, dan Mapolda Jateng. Iwan Walet dipindah ke Lapas Kas IIA Sragen dan rencananya akan keluar penjara karena sudah selesai menjalani masa hukuman
(alg/bgs)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed