DetikNews
Kamis 09 Agustus 2018, 16:47 WIB

Pengedar 1 Kg Sabu per Bulan Dibekuk di Semarang

Angling Adhitya Purbaya - detikNews
Pengedar 1 Kg Sabu per Bulan Dibekuk di Semarang Eliya Norma, pengedar 1 kg sabu per bulan. (Foto: Angling Adhitya Purbaya/detikcom)
Semarang - Pelaku peredaran sabu dengan memanfaatkan hotel dibekuk di Semarang. Pelaku bernama Eliya Norma (36) itu setiap bulan mendapat pasokan 1 kg sabu dari bandar.

Kapolrestabes Semarang, Kombes Pol Abiyoso Seno Aji, mengatakan pelaku warga Pelombokan Semarang Utara itu sudah 7 bulan melakoni bisnis haram itu.

"Dia sudah 7 bulan beraksi dan setiap bulan mendapat kiriman 1 kg sabu. Jadi setiap 2 minggu 500 gram," kata Abiyoso di Mapolrestabes Semarang, Kamis (9/8/2018).

Modus yang dilakukan dari bandar dan cara pelaku mengedarkan sama yaitu mencari hotel atau guest house. Dia memesan kamar kemudian meninggalkan barang di kamar dan menyerahkan kunci ke resepsionis.

"Sekarang modus beralih, barang di simpan hotel, kunci disimpan di resepsionis, nanti kurir ambil kunci ke resepsionis dikasih petunjuk barang di bawah kasur," terangnya.


Eliya menerima barang dari orang berinisial K yang masih diburu. Dari barang yang diterima pelaku setiap 2 mingguan, 300 gram dikirim sesuai arahan K, dan sisanya diedarkan acak. "Jadi 300 gram sesuai petunjuk dan 200 gram random," lanjutnya.

Kasat Res Narkoba Polrestabes Semarang, AKBP Sidik Hanafi, mengatakan pelaku yang merupakan residivis kasus narkoba itu sudah 14 kali transaksi.

"Transaksinya di hotel dan guest house. Dia pesan pakai uangnya. Dia sudah 7 bulan berarti 7 kg sabu," kata Sidik.


Eliya ditangkap hari Rabu (8/8) kemarin sekitar pukul 12.30 WIB. Dari tangannya diamankan 165 gram sabu dan 53 pil ekstasi. Kini ia mendekam di tahanan Polrestabes Semarang menunggu proses hukum.
(alg/mbr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed