DetikNews
Rabu 20 Juni 2018, 13:15 WIB

Lava Tour Merapi Makan Korban, Bupati: Standar Keamanan Dievaluasi

Ristu Hanafi - detikNews
Lava Tour Merapi Makan Korban, Bupati: Standar Keamanan Dievaluasi Bupati Sleman Sri Purnomo dan jajarannya rapat membahas kecelakaan jip lava tour Merapi di Kantor Bupati Sleman. Foto: Ristu Hanafi/detikcom
Sleman - Bupati Sleman Sri Purnomo mengevaluasi operasional jasa wisata jip lava tour Gunung Merapi. Hal itu buntut peristiwa kecelakaan jip lava tour yang menewaskan satu wisatawan dan empat orang luka-luka.

"Hari ini dievaluasi, dari sisi standar keamanan penumpang dan armada," kata Sri, saat rapat membahas kecelakaan jip lava tour, di Kantor Bupati Sleman, Rabu (20/6/2018).

Sri menyesalkan dan turut berduka atas peristiwa kecelakaan jip lava tour Merapi yang tejadi di Dusun Tangkisan, Desa Umbulharjo, Kecamatan Cangkringan, kemarin siang.


Seorang wisatawan tewas yakni Enny Fatmawati (42), perempuan warga Perum Bumi Mutiara RT 07 RW 33, Bojongkulon, Gunung Putri, Bogor. Sedangkan korban luka-luka yakni Sandhy Mas Nugroho (14), Ngatmadi (54), Atik Rahmawati (40), dan Sriyatun (52), seluruhnya warga Cokro Tulung, Klaten.

"Kami Pemkab dan kepolisian sudah mengingatkan agar dalam melayani tamu lava tour, utamakan keselamatan. Standar keamanan harus diperbaiki, sabuk pengaman, helm, dan kelaikan kendaraan harus menjadi perhatian utama," tandasnya.

Terkait peristiwa kemarin, Sri mengaku semalam sudah berkoordinasi dengan Kapolres Sleman dan ditindaklanjuti hari ini.

"Hari ini ada action dari Dishub dan Polres, akan cek ke lapangan. Lava tour sudah jadi ikon wisata Sleman, harus secepatnya dievaluasi untuk berikan kenyamanan pengunjung," jelasnya.

Sri menambahkan, armada jip di kawasan wisata Merapi yang melayani wisatawan hanya direkomendasikan untuk lava tour saja dengan rute yang sudah ditentukan. Dan bukan untuk wisata offroad.

"Setelah ini kami akan cari mekanisme standardisasi armada dan sopir. Termasuk kemungkinan pembatasan jumlah armada," imbuhnya.



Tonton juga video 'Piknik Anniversary d'Traveler: Bersenang-senang di Yogyakarta Bagian 2'

[Gambas:Video 20detik]




(sip/sip)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed