DetikNews
Kamis 14 Juni 2018, 12:42 WIB

Waspada, Berikut Ini Jalur Rawan Longsor di Banjarnegara

Uje Hartono - detikNews
Waspada, Berikut Ini Jalur Rawan Longsor di Banjarnegara Salah satu titik rawan longsor di Kecamatan Karangkobar, Banjarnegara. Foto: Uje Hartono/detikcom
FOKUS BERITA: Jalur Mudik 2018
Banjarnegara - Hujan kembali mengguyur Banjarnegara dan sekitarnya sejak Selasa (12/6). Untuk itu, pemudik yang melintas di jalur tengah Jawa Tengah diimbau untuk mewaspadai wilayah rawan tanah longsor di Banjarnegara.

Kapolres Banjarnegara AKBP Nona Pricillia Ohei mengatakan titik jalur rawan longsor berada di jalan provinsi Banjarnegara-Pekalongan di wilayah utara. Selain itu jalan nasional di Kecamatan Sigaluh juga harus diwaspadai karena banyak tebing-tebing tinggi.

"Kalau daerah atas seperti Kalibening, Wanayasa dan Batur itu harus diwaspadai karena rawan longsor. Ini juga termasuk jalur wisata ke Dieng," ujarnya saat memantau arus mudik, Kamis (14/6/2018).

Disampaikannya, untuk mengantisipasi bencana alam tersebut pihaknya menempatkan personel di titik-titik rawan, termasuk satgas bencana. Sehingga jika terjadi gangguan alam bisa segera teratasi.

"Jangan sampai momen lebaran yang ingin bertemu dengan keluarga menjadi terganggu. Makanya kami menempatkan petugas selama Operasi Ketupat Candi yakni dari tanggal 7 Juni sampai 24 Juni 2018," jelasnya.

Diwawancara terpisah, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Banjarnegara Arief Rahman menambahkan saat ini sudah ada rambu peringatan di setiap titik lokasi rawan bencana alam.

"Kami sudah memasang rambu 474 rambu peringatan bencana. Diharapkan warga menjadi paham titik-titik mana yang merupakan rawan bencana," ujarnya.
(sip/sip)
FOKUS BERITA: Jalur Mudik 2018
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed