DetikNews
Senin 14 Mei 2018, 16:11 WIB

Kapolda Jateng Minta Masyarakat Tidak Asal Sebar Info

Angling Adhitya Purbaya - detikNews
Kapolda Jateng Minta Masyarakat Tidak Asal Sebar Info Foto: Angling Adhitya Purbaya/detikcom
Semarang - Kapolda Jawa Tengah, Irjen Pol Condro Kirono mengingatkan agar masyarakat tidak termakan hoax dalam situasi saat ini. Di Semarang bahkan ada 2 kabar yang menghebohkan media sosial hari ini.

Kabar pertama yaitu adanya orang mencurigakan di kawasan Simpang Lima pagi tadi ditangkap, padahal sedang ada kegiatan pawai Dugderan di sana. Kapolda menegaskan kabar yang tersebar di media sosial dan aplikasi chatting itu tidak benar.

"Itu hoax," tegas Condro usai bertemu Pemuda Lintas Agama di kantornya, Jalan Pahlawan, Semarang, Senin (14/5/2018).

Kemudian kabar benda mencurigakan di Bandara Ahmad Yani Semarang juga tersebar dan ditambahi kalimat seolah bom belum meledak. Saat dikonfirmasi, memang ada kotak dan sempat di x-ray oleh petugas bandara serta kepolisian.

Setelah dicek dan diketahui pemiliknya, ternyata itu barang tertinggal yang isinya sparepart alat berat yang dibawa dari Jakarta.

"Kita minta masyarakat jangan mudah mengupload, menyebar luaskan informasi-informasi seperti kardus (di bandara Ahmad Yani) kemudian diupload menyebar luaskan informasi, seperti tadi ada kardus, diupload sehingga menimbulkan keresahan," tegas Condro.

Ia juga mengajak masyarakat bersimpati kepada para korban bom di Surabaya dan Jakarta dengan tidak menyebar foto-foto yang kondisinya mengenaskan di media sosial.

"Simpati kita pada korban atas kebiadaban terorisme tidak harus diwujudkan dengan gambar korban diupload," pungkasnya.
(alg/bgk)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed