DetikNews
Rabu 09 Mei 2018, 17:09 WIB

Ini Rumah Makan di Sleman yang Setruknya Viral #2019GantiPresiden

Ristu Hanafi - detikNews
Ini Rumah Makan di Sleman yang Setruknya Viral #2019GantiPresiden Suasana rumah makan yang viral karena setruk #2019GantiPresiden. Foto: Ristu Hanafi/detikcom
Sleman - Rumah makan di Sleman ini mendadak viral di media sosial. Penyebabnya setelah seorang karyawannya diduga mengubah kode tulisan dalam setruk belanja mesin kasir dengan #2019GantiPresiden.

Foto setruk tersebut kemudian viral di media sosial. Rumah makan Ayam Eskom berlokasi di Jalan Kaliurang Km 13,2, Sleman, Yogyakarta. Berdasarkan penelusuran detikcom, rumah makan tersebut buka sejak sekitar 5 tahun lalu.

"Sudah buka lama, 5 tahunan lalu," kata juru parkir rumah makan Ayam Eskom, Aris, Rabu (9/5/2018).

Menurutnya, kasus tersebut baru pertama kali ini terjadi. Namun dia baru mengetahui setelah seorang karyawan Ayam Eskom dipecat kemarin.

"Ya setelah kemarin itu, katanya supervisornya dipecat, tidak tahu apa dia pelakunya yang mengubah setruk," jelasnya.

Pantauan detikcom di rumah makan Ayam Eskom siang tadi, suasana tampak normal. Terlihat pelanggan berdatangan untuk makan siang. Menu utama yang ditawarkan adalah ayam crispy, ayam geprek keju, dan varian rasa lainnya.


"Belum tahu kasus setruk itu berpengaruh tidak kepada omset, belum bisa diitung," kata salah seorang karyawan Ayam Eskom.

Penelusuran wartawan, ditemukan setruk belanja Ayam Eskom tertanggal 3 Mei 2018, atau Kamis pekan lalu. Setruk tersebut sudah tertulis tagar #2019GantiPresiden di bagian bawah.

Lalu di setruk tanggal 5 dan 6 Mei 2018 setruk juga tertulis #2019GantiPresiden. Sehari kemudian, tagar #2019GantiPresiden sudah diganti menjadi nomor kontak customer service.

Foto setruk di warung makan Ayam Eskom viral di media sosial sejak beberapa hari lalu. Bagian bawah setruk bertanggal 6 Mei 2018 itu tertulis tagar #2019GantiPresiden, di atas tulisan 'Terima Kasih'.


Pemilik rumah makan Ayam Eskom telah melakukan klarifikasi dan memohon maaf melalui akun media sosialnya, seperti Instagram dan Twitter, pada Selasa (8/5) kemarin. Pemilik juga menuliskan tagar itu adalah ulah oknum karyawan dan pihak manajemen tidak pernah menginstruksikannya sama sekali.

Seorang karyawan Ayam Eskom akhirnya dipecat oleh pemilik rumah makan tersebut karena diduga sebagai pelaku yang mengubah kode tulisan dalam setruk tersebut.

"Iya sudah tidak kerja lagi di sini, dia karyawan juga, (jabatannya) supervisor. Sejak kemarin (dipecat)," kata salah seorang karyawan Ayam Eskom lainnya.
(sip/sip)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed