DetikNews
Senin 16 April 2018, 12:55 WIB

Potong Kompas Akibat Proyek Jalan Layang Manahan, 8 Bus Ditilang

Bayu Ardi Isnanto - detikNews
Potong Kompas Akibat Proyek Jalan Layang Manahan, 8 Bus Ditilang Bus kena tilang di Jalan Diponegoro, Ngarsopuro, Solo. Foto: Bayu Ardi Isnanto/detikcom
Solo - Delapan bus ditilang dalam operasi gabungan Dinas Perhubungan (Dishub) dan Satlantas Polresta Surakarta. Bus-bus tersebut telah masuk ke jalan yang bukan jalurnya.

Operasi dilakukan di Jalan Diponegoro, kawasan Ngarsopuro, Senin (16/4/2018). Berdasarkan laporan masyarakat, lokasi tersebut sering dilintasi bus AKDP, AKAP dan truk selama sepekan terakhir.

"Mereka seharusnya lewat jalur Jalan Veteran-Jalan Bhayangkara-Jalan Radjiman, lalu Purwosari, Kerten, sampai ke terminal. Tapi ini mereka lewat jalan pintas di sini," kata Kabid Lalu Lintas, Ari Wibowo, di sela-sela operasi.

Para sopir mengaku memilih jalur tersebut karena jalur biasanya sering macet akibat adanya proyek jalan layang Manahan, Solo. Kemacetan memang sering terjadi, antara lain perlintasan KA Purwosari.

Dengan adanya kemacetan tersebut, mereka memilih melintasi jalur Jalan Veteran-Jalan Gatot Subroto-Jalan Diponegoro-Jalan S Parman, lalu ke Terminal Tirtonadi.

"Dengan lewat jalur ini, justru bus ini membuat kemacetan baru. Terutama di perempatan Atria, bus kesulitan bermanuver saat berbelok ke kanan," ujarnya.

Salah satu sopir bus, Indra, mengatakan tidak mengetahui pelarangan tersebut. Menurutnya, tidak pernah ada sosialisasi terkait hal itu.

"Belum ada sosialisasi. Kalau lewat jalur biasanya macet terus, waktunya tidak nyampai. Apalagi ada beberapa lampu merah baru di Jalan Radjiman," ujar Indra.

Sementara, KBO Satlantas Polresta Surakarta, Ipda Bekti Sutriyani, mengatakan bus-bus tersebut melanggar jalur trayek. Pihaknya melakukan tilang kepada sopir bus.

"Kami tindak dengan melakukan penilangan kepada sopir, SIM-nya kami sita," tutupnya.
(sip/sip)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed